Image processing sayatan tipis batuan gamping dengan jaringan syaraf tiruan (jst) menggunakan matlab dan linux (studi kasus : rajamandala-padalarang

John Adler

Abstract


Batu gamping dikenal sebagai batuan karbonat adalah salah satu kelas batuan sedimen yang mineral pembentuknya (sebesar 95% atau lebih) adalah calcite (CaCO3, kalsium karbonat), dolomite (CaMg(CO3)2) dan aragonite. Batuan kar-bonat ini menjadi sangat penting karena lebih dari 50% reservoar minyak dan gas di dunia adalah reservoar karbonat. Namun tantangannya adalah ketidak-teraturan dan kompleksitas struktur geometri pori karbonat dan frame (rangka) yang bisa teralterasi (berubahnya komposisi mineral batuan dan struktur ki-mianya).
Pada penelitian ini, batuan akan dikarakterisasi menggunakan thin section (sayatan tipis) untuk mendapatkan gambar (image) berukuran 1000 mikrometer dengan bantuan mikroskop electron. Dengan metode baru, akan dikaji fenomena Seismic Rock Physics pada thin section yaitu menghitung kecepatan gelombang elastic pada suatu pori-pori batuan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation, merupakan salah satu jenis Jaringan Syaraf Tiruan (JST) feed forward dengan proses belajar dibimbing (supervised learning), ber-fungsi memilah-milah citra warna yang terdapat dalam image (metoda RGB, Red-Green-Blue). Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode Levenberg-Marquardt.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.