Penerapan metode penugasan dalam perkuliahan aljabar linier dan matriks

Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks dengan metode penugasan terhadap peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretes-postes dengan kelas kontrol. Sampel penelitian yang digunakan adalah dua kelas tingkat 2 di Prodi IF UNIKOM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tes kemampuan berpikir nalar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks dengan metode penugasan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks biasa. Hal-hal yang mendukung dalam perkuliahan ini adalah potensi nalar mahasiswa, mahasiswa terlibat aktif dalam perkuliahan. Sedangkan hambatan dalam perkuliahan ini adalah waktu yang kurang memadai dan lemahnya pemahaman konsep dan materi prasyarat mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran, yaitu: Membuat diktat aljabar linear dimana didalam diktat tersebut tidak hanya berisi materi yang akan disampaikan namun juga berisi langkah-langkah kegiatan perkuliahan dengan menggunakan metode penugasan (bisa dalam bentuk lembar kerja); Mengkaji kecocokan metode penugasan untuk materi yang berbeda di Aljabar Linear dan Matrik; Melakukan eksperimen dengan menggunakan metode perkuliahan lainnya seperti metode peer teaching yang dapat digunakan pada kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.