PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI SPT TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MERAUKE
Keywords:
Kualitas sistem informasi, Kepuasan, Wajib pajakAbstract
Masalah kepatuhan wajib pajak adalah masalah penting di seluruh dunia, baikbagi Negara maju maupun di Negara berkembang. Karena jika wajib pajak tidak
patuh maka akan menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan
penghindaran, pengelakan, penyelundupan dan pelalaian pajak. Yang pada
akhirnya tindakan tersebut akan menyebabkan penerimaan pajak Negara akan
berkurang. Kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu
kondisi sistem administrasi perpajakan suatu Negara, pelayanan pada wajib
pajak, penegakan hukum perpajakan, pemeriksaan pajak, dan tarif pajak.
Salah satu upaya dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah
memberikan pelayanan yang baik kepada wajib pajak. Peningkatan kualitas
dan kuantitas pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kepada
wajib pajak sebagai pelanggan sehingga meningkatkan kepatuhan dalam
bidang perpajakan. Paradigma baru yang menempatkan aparat pemerintah
sebagai abdi Negara dan masyarakat (wajib pajak) harus diutamakan agar
dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik. Sikap tanggung jawab sebagai
warga negara yang baik bertolak belakang dengan kualitas pelayanan yang
diberikan petugas, yang seharusnya semakin baik di awal tahun baru ini.
KPP Pratama Merauke telah mengaplikasikan sistem informasi tersebut
sebagai sarana kegiatan perpajakan. Dengan substansi yang dikembangkan
terbatas pada penerapan system informasi SPT dan kepatuhan pelaporan Wajib
Pajak.
Downloads
Published
2017-07-26
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish articles in MAJALAH ILIMIAH UNIKOM agree to the following terms:
- Authors retain the copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
How to Cite
PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI SPT TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MERAUKE. (2017). Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(1). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/283