Analisis penerapan gaya desain dan eksplorasi bentuk yang digunakan mahasiswa pada mata kuliah desain mebel i fakultas desain unikom

Dina Fatimah, Febry Maharlika

Abstract


Fakultas Desain Program Studi Desain Interior UNIKOM memiliki mata kuliah Desain Mebel I sebagai sarana awal mahasiswa untuk mengenali dasar-dasar dari fasilitas duduk dengan pengeksplorasian terhadap bentuk, karakter material dan konstruksinya sehingga tercipta karya- karya inovatif baru dengan proses kreatifitas. Sistem mata perkuliahan ini adalah dengan sistem praktek. Sistem ini merupakan sistem perkuliahan berupa simulasi proses perancangan dan mewajibkan para mahasiswa bekerja di ruang belajar ( berupa studio) dan mewujudkan sketsa rancangannya kedalam bentuk model ataupun prototype karya.
Penelitian ini mengkaji tentang kecendrungan style/ gaya yang dipakai mahasiswa dalam eksplorasi bentuk pada proyek perancangan mata kuliah Desain Mebel I. Pada mata kuliah ini, ditentukan tema perancangan fasilitas duduk yaitu berupa stool/ ottoman. Stool merupakan salah satu fasilitas duduk yang secara visual tidak memiliki sandaran punggung dan sandaran tangan. Walaupun terlihat sederhana, fasilitas duduk ini tidak bisa lepas dari unsur-unsur desain yang terkait dengan fungsi dan estetis. Untuk mata kuliah Desain Mebel I ini, mahasiswa dibebaskan memilih style/ gaya yang akan mereka pakai tanpa melihat kecendrungan yang terjadi di pasar. Dalam ilmu desain, tersedia berbagai macam gaya yang bisa diterapkan untuk perancangan. Gaya ini bisa ditelusuri dengan pendekatan sejarah desain. Gaya perancangan diteruskan dengan proses mengeksplorasi detil konsep perancangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.