Kajian multimedia interaktif & motivasi bermain game farmville-2 pada situs jejaring sosial facebook
Abstract
Pada media jejaring sosial yang terdapat dalam internet, Facebook merupakan salah satu media jejaring sosial yang cukup dikenal luas di Indonesia. Dalam Facebook, terdapat aplikasi game FarmVille-2 bertema simulasi perkebunan. Game FarmVille-2 merupakan sekuel lanjutan dari Game pendahulunya, yakni Game FarmVille yang merupakan salah satu game populer dan menjadi fenomena bagi kalangan pemain game dalam Facebook. Hal mendasar yang membedakan game FarmVille-2 dan FarmVille adalah bentuk 2D dan 3D. Pada FarmVille-2 visualisasi telah menggunakan objek 3D (3 dimensi). FarmVille membuat para pemainnya memiliki perkebunan khayalan yang secara disadari atau tidak, memacu konsumerisme dalam membeli objek dalam game. Seringkali pemain ketagihan dan lupa waktu akan waktu didunia nyata karena terlarut dalam game. Berdasarkan kejadian-kejadian yang ada, merupakan hal yang menarik untuk menganalisis pengalaman bermain dalam FarmVille dan mengidentifikasinya untuk mendapatkan motivasi & keinteraktifan dari game.
Penelitian ini menggunakan pendekatan phenomenology, dengan menggunakan data dari 3 pemain game FarmVille-2 yang mendeskripsikan pengalamannya melalui wawancara mendalam. Pernyataan informan di analisis dengan teori game, teori pengalaman pemain dan teori motivasi bermain. Hasil dari penelitian menunjukan kecenderungan pengalaman interaksi pemain yang terkait dengan motivasi, tujuan, peleburan total, grafis serta acara tematik yang terdapat dalam FarmVille-2. Pelibatan total (immersivitas) pemain dalam game media sosial, dapat terjadi melalui dorongan untuk mengejar rasa senang yang diikuti rasa takut, dan ditandakan melalui aturan main serta objek-objek visual dalam waktu tertentu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in MAJALAH ILIMIAH UNIKOM agree to the following terms:
- Authors retain the copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).