SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA BEHOLDER CLOTH
Abstract
BEHOLDERCLOTH merupakan sebuah brand yang berbisnis dalam penjualan
Tshirt, backpack, windbreaker, jaket, kupluk, snapback, jeans, Jersey, flannel dll.
Kurang efektifnya media promosi yang digunakan menyebabkan konsumen
kesulitan untuk mengetahui keberadaan BEHOLDERCLOTH sehingga penjualan
produk yang terjadi sulit untuk mengalami peningkatan. Beholder pun belum
mempunyai fasilitas untuk melakukan transaksi penjualan barang bagi costumer
yang jauh dan berada diluar kota sehingga dalam melakukan setiap
penjualan barang yang masih dilakukan dengan cara pelanggan datang
langsung ke tempat penjualan. Selain itu, Sistem transaksi penjualan masih
menggunakan metode pencatatan serta penyimpanan data transaksi penjualan
masih bersifat manual, yaitu dengan mencatat satu persatu setiap transaksi.
Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan
studi kasus pada BEHOLDERCLOTH, teknik pengumpulan data yang digunakan
meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi da nwawancara, sedangkan
sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen.
Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan
system informasi penjualan pakaian berbasis web yang dibuat sekarang
menggunakan metode prototype, dengan alat bantu pengembangan system
berupa flowmap, diagram konteks, DFD, dan alat perancangan database yang
diusulkan berupa ERD. Hasil dari pembangunan system penjualan barang atau
produk yang berbasis web secara online dapat diakses dengan cepat dan dapat
digunakan oleh calon pelanggan yang akan membeli barang atau produk
dimanapun berada tanpa harus mendatangi toko yang bersangkutan. Selain
untuk pelanggan, system informasi yang dibangun pun bermanfaat bagi pihak
toko yang akan mengimplementasikan system informasi tersebut untuk
mengolah beragam data.
Keywords :
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in MAJALAH ILIMIAH UNIKOM agree to the following terms:
- Authors retain the copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).