Abstract

BEHOLDERCLOTH merupakan sebuah brand yang berbisnis dalam penjualanTshirt, backpack, windbreaker, jaket, kupluk, snapback, jeans, Jersey, flannel dll.Kurang efektifnya media promosi yang digunakan menyebabkan konsumenkesulitan untuk mengetahui keberadaan BEHOLDERCLOTH sehingga penjualanproduk yang terjadi sulit untuk mengalami peningkatan. Beholder pun belummempunyai fasilitas untuk melakukan transaksi penjualan barang bagi costumeryang jauh dan berada diluar kota sehingga dalam melakukan setiappenjualan barang yang masih dilakukan dengan cara pelanggan datanglangsung ke tempat penjualan. Selain itu, Sistem transaksi penjualan masihmenggunakan metode pencatatan serta penyimpanan data transaksi penjualanmasih bersifat manual, yaitu dengan mencatat satu persatu setiap transaksi.Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatanstudi kasus pada BEHOLDERCLOTH, teknik pengumpulan data yang digunakanmeliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi da nwawancara, sedangkansumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen.Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangansystem informasi penjualan pakaian berbasis web yang dibuat sekarangmenggunakan metode prototype, dengan alat bantu pengembangan systemberupa flowmap, diagram konteks, DFD, dan alat perancangan database yangdiusulkan berupa ERD. Hasil dari pembangunan system penjualan barang atauproduk yang berbasis web secara online dapat diakses dengan cepat dan dapatdigunakan oleh calon pelanggan yang akan membeli barang atau produkdimanapun berada tanpa harus mendatangi toko yang bersangkutan. Selainuntuk pelanggan, system informasi yang dibangun pun bermanfaat bagi pihaktoko yang akan mengimplementasikan system informasi tersebut untukmengolah beragam data.Keywords :