INTEGRASI PENERAPAN KONSEP CRM PADA BISNIS KULINER

Authors

  • Benny Yustim
  • BUDI HARIYANTO

Abstract

Pelayanan kepada pelanggan memegang peranan penting dalam memajukan perusahaan sehingga peningkatan pelayanan harus dilakukan secara tepat agar proses layanan dapat berjalan secara optimal. Maka dari itu, jika pela-yanan kepada pelanggan kurang memuaskan maka akan merugikan bagi pe-rusahaan itu sendiri maupun para pelanggan. Kesulitan dalam mempertahankan keberadaan pelanggan yang loyal dan meningkatkan jumlah pelannggan baru meupakan tantangan sendiri dalam mempertahankan bisnis kuliner. Integrasi konsep Customer Relationship Management (CRM) dengan memanfaatkan platform web dan mobile. Diharapkan hal ini dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalin komunikasi yang terus-menerus dengan pelanggan. Implementasi konsep CRM dengan memanfaatkan berbagai platform diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan dan perusahaan serta memberikan kemudahan dalam proses peningkatan pelayanan sehingga menjadi media informasi kepada pelanggan dengan biaya yang relatif lebih murah.
Keywords : Customer Relationship Management (CRM), Web, SMS

References

Mathouse, Edward, Calder. B.J., “Relationship Branding and CRM”, Tim Cal-kins, 2010.

Gunawan. F,, “Membuat Aplikasi SMS Gateway Server dan Client dengan Java dan PHP”, PT Elex media Komputindo, Jakarta,

Syafli., M, “Aplikasi Database dengan PHP 5”, Penerbit Andi, Yogjakarta 2011.

Riyanto, “Sistem informasi penjualan dengan PHP dan MySql”, Gava Media, Yogja-karta, 2011.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

INTEGRASI PENERAPAN KONSEP CRM PADA BISNIS KULINER. (2015). Majalah Ilmiah UNIKOM, 13(2). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/125