PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU BERBASIS WEB DI STMIK TASIKMALAYA

Restu Adi Wiyono, TEUKU MUFIZAR

Abstract


Proses penerimaan mahasiswa baru merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh penyelenggara pendidikan tinggi, salah satunya adalah STMIK Tasikmalaya. Sebagai awal dari proses akademik, maka dituntut proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan cepat , efektif dan baik. Proses penerimaan mahasiswa baru itu sendiri terdiri dari 3 tahapan yaitu pendaftaran, seleksi masuk dan registrasi. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang saat ini berjalan di STMIK Tasikmalaya masih mengharuskan semua tahapan dilakukan secara langsung di lokasi kampus. Hal ini menjadikan kendala bagi calon mahasiswa yang berdomisili jauh dari lokasi kampus. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatkan pengembangan sistem yang baru menggunakan metode perancangan dengan pendekatan berbasis web. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisa dan digambarkan menggunakan Context Diagram dan Flowchart. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan menggunakan MySql sebagai databasenya. Hasil akhir dari sistem yang baru adalah sistem berbasis online, dimana semua tahapan penerimaaan mahasiswa baru dilakukan secara.
Keywords : Sistem Informasi, Penerimaan Mahasiswa Baru, Online, Web


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto HM. (2002). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Ter-struktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI

Joko Dewanto. (2006). Web Design BAB I.

putra.galuh.web.id. Web portal dengan phpnuke

Riyanto Slamet. (2006). Kursus Singkat 8 jam Mambo. Datakom.

Anon Kuncoro Widigdo. (2003). Dasar Pem-rograman PHP dan MySQL. ilmukom-puter.com.

Utami Ema, Sukrisno. (2005). Konsep Dasar Pengolahan dan Pemrograman Data-base. Andi.

Wasma. (2006). Desain website LPP Orient Ciamis menggunakan CMS (Content Management System) Joomla dan macromedia Dreamweaver MX. Skripsi. Jurusan Teknik Informatika. STMIK Tasikmalaya. Tasikmalaya.

Astrid, Erhans, Dr. S.Kom. (2007). Internet Komputer dan Ponsel (GPRS/3G). Cirebon: PT Ercontara Rajawali.

Dubois, Paul. (2003). MySQL. Second Edi-tion. Que.

Prasetyo, Didik Dwi. (2006). 101 Tip & Trik Pemrograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

SyafiI, M. (2004). Membangun Aplikasi Ber-basis PHP dan MySQL. Ed. I. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.