MODEL PENERIMAAN PENGGUNA PADA SITUS E-KOSAN.COM MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

sufaatin -, MUH RAJA SINGHAM LAGATARI

Abstract


E-Kosan.com adalah salah satu sistem informasi kosan yang mengumpulkan informasi mengenai kosan yang dimanfaatkan untuk mencari kosan. E-Kosan memiliki tujuan untuk menjadi situs kosan terbesar di Indonesia khususnya pada kota-kota pendidikan di Indonesia. Saat ini E-Kosan hanya fokus untuk kosan di kota Bandung, Jawa Barat. E-Kosan.com sudah cukup dikenal oleh pengguna internet, terbukti berdasarkan jumlah yang menyukai fanspage E-Kosan di Facebook sebanyak 2.784 orang dan pengikut di Twitter sebanyak 3.517 orang pada April 2015. Selain itu berdasarkan data dari Google analytics bahwa selama 2014 jumlah pengguna yang mengunjungi situs E-Kosan adalah sebanyak 54.809 orang. Dari sekian banyak orang yang telah mengetahui E-Kosan tidak semua orang selalu menggunakan layanan yang telah disediakan oleh E-Kosan pengguna tersebut lebih suka menanyakan info kosan melalui Facebook atau Twitter. Salah satu upaya agar sistem informasi kosan dapat diterima oleh penggunanya maka perilaku menolak perlu di ubah atau sistem dipersiapkan terlebih dahulu agar pengguna mau menerima. Untuk mengubah perilaku menolak menjadi perilaku menerima atau untuk mempersiapkan sistem agar bisa diterima perlu dilakukan beberapa tahapan. Technology Acceptance Model (TAM) merupakan model yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguana sistem informasi . Populasi yang digunakan adalah pengguna E-Kosan.com di kota Bandung sedangkan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) . Hasil dari penelitian ini dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan E-Kosan.com serta memberikan rekomendasi atau usulan untuk meningkatkan penggunaan layanan di E-Kosan.com.
Keywords : E-Kosan, Sistem informasi, TAM, populasi, SEM


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta

Bollen, K. & Long, S., 1993. Testing Structural Equtation Modeling. s.l.:Sage Publisher.

Ferdinand, Structural Equation with Latent variable, 1st penyunt., New York: John Wiley & Sons, 2002

F. Davis, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information and Technology, MIS Quarterly, pp. 319-339, 1989.

H. Latan, Model Persamaan Struktural: Teori dan Implementasi, 1st penyunt., Bandung: Alfa Beta, 2013.

Jogiyanto, Sistem Informasi Keprilakuan, Edisi Revisi penyunt., Yogyakarta: Andi Publisher, 2007.

J. Hair, W. Black dan B. Babin, Multivariate Data Analysis, New York

Peason International, 2007.

Narimawati, Umi dan Jonathan Sarwono (2006) Structural Equation Model Untuk Riset Ekonomi. Menggunakan LISREL. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Nazir, M., 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana (2005), Metode Statistika, Tarsito : Bandung

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Setyo, H. W., 2007. Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Jakarta: Graha Ilmu.

U. Sekaran, Research Method for Business: Skill Building Approach, New York: John Wiley, 2003.

Wijanto, Setyo Hari (2008), Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8: Konsep dan Tutorial, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.