MODEL PENGEMBANGAN ENTERPRISE GOOD CORPORATE GOVERNANCE UMKM PRODUK KREATIF MENUJU KOTA EKONOMI KREATIF DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI WILAYAH KOTA BANDUNG

Authors

  • supriyati supriyati
  • HERY DWI YULIANTO
  • APRIANI PUTI PURFINI

Abstract

Produk kreatif memiliki potensi besar untuk dapat mengantarkan kota yang mempunyai industri tersebut menjadi kota ekonomi kreatif maju dan mandiri. Pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen sumber daya usaha produk keatif masih kurang terperhatikan, yang pada gilirannya terdapat kelemahan administratif, finansial, proses, akses ke perbankan dan lembaga keuangan. Tata kelola manajemen yang baik sering menjadi kendala dalam hal efisiensi dan efektivitas bagi produk kreatif yang tidak efisien akan mendatangkan kom-ponen biaya yang cukup tinggi. Melihat kajian yang mendalam mengenai good corporate governance diharapkan dapat diterapkan untuk menunjang pertum-buhan produk kreatif. Dengan model pengembangan yang tepat akan dapat menciptakan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku usaha kecil produk kreatif guna menciptakan enterpreneur muda mandiri, kreatif, transparansi dan akuntabel yang pada gilirannya dapat membantu dalam upaya menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.
Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu pendeka-tan lapangan, pendekatan instansional dan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian menggunakan teori induktif karena berdasarkan dari fenomena yang yang terjadi dan dirujuk kearah teori. Jenis data yang dikumpulkan untuk diana-lisis terdiri atas data primer dan data sekunder. Penelitian ini diharapkan teri-dentifikasinya jenis komoditi apa saja yang dimiliki UMKM produk kreatif sehing-ga berpotensi ekspor atau menuju perdagangan internasional. Teridentifi-kasinya sumber daya value added dan non value added apa sajakah yang ada pada UMKM produk kreatif. Pemahaman, sikap dan perilaku pelaku industri kreatif dalam mengembangkan usahanya menjadi optimal dan memiliki daya saing dilihat dari sisi Investor.
Keywords : good corporate governance, UMKM produk kreatif, ekspor

References

Akhmad Syaikhu, Komputasi Awan (Cloud Computing) Perpustakaan Pertanian Jurnal Pustakawan Indonesia IPB Volume 10 No. 1

Andreea DAVIDESCU (2012), Virtual Enterprises Reach for Cloud Computing, Bucharest University of Economic Studies ROMANIA, Journal of Mobile, Embedded and Distributed Systems, vol. IV, no. 2, 2012, ISSN 2067 – 4074 Taqwa Hariguna

ArfanIkhsan, Muhammad Ishak,2005,Akuntansi Keperilakuan. Salemba Empat, Jakarta, Indonesia

Berlilana (2011), Isu Cloud Compu-ting e-government di Indonesia 2014, STMIK AMIKOM Purwokerto, SNATIKA 2011, ISSN 2089-1083

Bernard, Scott A. (2005). An Introduc-tion to Enterprise Architecture. 2nd edition. Author House, United States America

Bernard S.A. (2004). An Introduction to Enterprise Architecture. Authorhouse, Bloomington, Indiana

Cadbury. (2000).Sir Adrian, Global Corporate Governance Forum – World Bank.

Chtourou S.Marrakchi, Jean Bedard, and Lucie Courteau. (2001). Corporate Governance and Earning management. Working Paper. http://papers.ssrn.com.

Cornett M. M, J. Marcuss, Saunders dan Tehranian H. (2006). Earning manage-ment, Corporate Governance, and True Financial Performance. http://papers.ssrn.com/

Daniri, Mas Ahmad, (2005). Good Corporate Governance : Konsep dan Pen-erapannya di Indonesia, Jakarta, Ray Indo-nesia.

Daniri dan Krismatono, (2010). menghadapi.html

http://bisnisukm.com/5-hal-penting-yang-harus-dihindari-pengusaha.html

Jonathan D Breul. (2006). Perfor-mance Budgeting In China?, The Journal Of government Financial Management.

Kementerian Koperasi dan INDUSTRI KREATIF. (2008). Pedoman

Akuntabilitas Sesuai Karakteristik Koperasi. Jakarta, Kementrian Koperasi dan INDUSTRI KREATIF RI.

Kotler, Phillip. (2004). Ten Peddly Markting Sin. Jakarta : Erlangga.

Kuratno, Donald F. and Richard M. Hodgetts. (2004). Entrepreneurship : Theory, Process and Practice. Six Edition USA: South Western a devision at Thomson Learning.

Longnecker, Justin G., Carlos W. Moore dan J. William Petty.(2001).

Kewirausahaan Manajemen Usaha kecil.Tejemahan Thomson Learning. Jakarta, Salemba Empat.

Munandar, S. C. U. 1999. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta :GramediaPustakaUtama.

Osvalds, G. (2001). Definition of En-terprise ArchitectureCentric Models for The Systems Engineers, TASC Inc.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Princi-ples of Corporate Governance 2004.

Syakhroza, Achmad. (2002). Maka-lah mengenai Penerapan Corporate Gov-ernance,.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Ropke, J. (2004). On Creating Entre-

“Peran Corporate Secretary sebagai Penja-ga Gawang Good Corporate Governance” Dinas Koperasi dan UKM Jawa Barat. (2010). Laporan Tahunan Dinas KUKM Jabar. Dinas KUKM Jabar, Bandung.

Hansen, Don R; Mowen, Maryanne M.(2006). Akuntansi Manajemen, PenerbitSalembaEmpat, Jakarta

http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

http://hermantomario.blogspot.com/2011/06/pengaruh-good-corporate-governance.html

http://www.spa-feui.com/2011/05/1st-accounting-editorial-ketika-fungsi-pengawasan-sudah-tidak-berfungsi/

http://rajapresentasi.com/2013/05/kiat-membangun-sistem-manajemen-distribusi-dan penjualan/#sthash.sgvk4aRl.dpuf

http://bisnisukm.com/5-hal-penting-yang-harus-dihindari-pengusaha.html

http://www.bapepam.go.id/pasar_modal/publikasi_pm/info_pm/Pedoman%20GCG%20Indonesia%202006.pdf

https://iyuk.wordpress.com/2008/09/23/gcg-for-smes/

http://www.seputarukm.com/kemendag-genjot-ekspor-produk-makanan-dan-fashion-muslim-ke-turki/

http://finance.detik.com/read/2014/03/20/100209/2531212/4/ini-produk-ukm-yang-paling-laris-dan-dicari-di-pasar-ekspor

http://peuyeumcipatat.blogspot.com/2013/04/memperkuat-daya-saing-ukm-preneurial Energy in the Ekonomi Rakyat the case of Indonesian Cooperatives. (ISEI, Bandung) Jurnal Ekonomi Kewirausahaan.Volume III.No. 2.bulan Juli 2004. : 43 – 61.

Rustiarini ,Ni Wayan. Agus W S G.(2012).Modal Intelektual Dan Kinerja Perus-ahaan: Strategi Menghadapi Asean Econom-ic Community.

Williams / Sawyer, (2007), Using Information Technology terjemahan Indone-sia, Penerbit ANDI, ISBN 979-763-817-0

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

MODEL PENGEMBANGAN ENTERPRISE GOOD CORPORATE GOVERNANCE UMKM PRODUK KREATIF MENUJU KOTA EKONOMI KREATIF DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI WILAYAH KOTA BANDUNG. (2015). Majalah Ilmiah UNIKOM, 13(2). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/122