Abstract

Peranan Jalan Tol untuk melayani jasa distribusi utama yang mempunyai spesifikasi bebas hambatan agar dicapai tingkat efisiensi yang maksimal dalam penggunaan sumber daya. Penting untuk menghitung utilitas gerbang tol khususnya gerbang tol Buah Batu Kota Bandung. Untuk membuat simulasi menggunakan software Promodel diperlukan data jumlah kendaraan, waktu antar kedatangan kendaraan dan waktu pelayanan. Pola data jumlah ken-daraan yang masuk gerbang tol Buah Batu berdasarkan hasil pengujian anova berjenis dependen atau berkelompok dan tidak bervariasi serta menunjukan pola yang sama pada tiap harinya. Pola distribusi waktu antar kedatangan kendaraan di pintu tol masuk Buah Batu menggunakan bantuan Stat:Fit. Pola data waktu antar kedatangan berdistribusi eksponensial dengan nilai mean 8,08 dan standar deviasi sebesar 7,89. Pola distribusi untuk waktu pelayanan di pintu tol masuk buah batu menggunakan stat:Fit. Pola data waktu pelayanan berdistribusi lognormal dengan nilai mean 12.45 dan standar deviasi 5.6. Ber-dasarkan hasil utilitas didapatkan bahwa Utilitas pintu tol masuk 2 Buah Batu = 47,09 % dengan panjang antrian 5,29 %. Utilitas pintu tol masuk 4 Buah Batu = 65,86 % dengan panjang antrian 8,26 %. Utilitas pintu tol masuk 6 Buah Batu = 53,44 % dengan panjang antrian 6,34 %. Utilitas pintu tol masuk 8 Buah Batu = 66,54 % dengan panjang antrian 8,25 %. Utilitas pintu tol masuk 10 Buah Batu = 38,99 % dengan panjang antrian 4,13 %. Dengan utilitas tersebut menun-jukan bahwa perlu adanya pengurangan gerbang tol masuk buah batu agar utili-tasnya meningkat. Tentunya dengan memperhatikan utilitas panjang antriannya nanti.
Keywords : Promodel, StatFit dan Utilitas