Abstract

Materi pelajaran tentang reproduksi menjadi hal yang membuat orang tabu dan enggan untuk diperbincangkan, baik dari orang tua kepada anak remajanya atau pun diantara kalangan masyarakat yang lain. Pengetahuan mengenai reproduksi bagi anak usia remaja merupakan ilmu pengetahuan yang didapatkan melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya di mata pelajaran Biologi tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kajian tentang perancangan media yang mampu menyampaikan informasi reproduksi yang sesuai dengan gaya hidup anak remaja ini menjadi penting untuk dibahas untuk menjawab tantangan jaman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah pengetahuan yang diaplikasikan kedalam media yang dapat membantu memudahkan masyarakat, khususnya orang tua, guru maupun anak remaja dalam mempelajari sistem reproduksi pada manusia dengan cara yang lebih informatif, menyenangkan dan sesuai dengan teknologi informasi saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimental guna menghasilkan suatu kesimpulan awal yang dapat diaplikasikan kedalam bentuk media interaktif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah; Media pembelajaran interaktif mampu memotivasi pengguna media untuk tetap menggunakan media tanpa adanya paksaan yang bersifat eksternal; Materi yang diberikan sebaiknya dibuat bertahap sehingga pengguna tidak secara acak dan kebingunan dalam mengakses materi; Penggambaran ilustrasi tokoh dan latar yang disederhanakan dengan referensi pengetahuan pengguna dapat menarik dan diterima.
Keywords : desain, interaktif, belajar, reproduksi, manusia.