PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PARIGI UNTUK PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.1

Wartika ., Hani Irmayanti, Imelda Pangaribuan

Abstract


Suatu Organisasi dalam meningkatkan kinerja dari setiap proses bisnis

yang berlangsung di dalamnya memanfaatkan teknologi informasi dan sistem informasi. Salah satunya adalah SMPN 1 Parigi yang dalam menerapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) memanfaatkan Teknologi Informasi. Tetapi di Sekolah ini belum ada sistem informasi terintegrasi yang dapat digunakan untuk membantu penerapan SNP.Oleh karena itu dibutuhkan rancangan arsitektur enterprise yang digunakan sebagai acuan pembangunan dan pengembangan sistem informasi Sekolah.Arsitektur enterprise merupakan perencanaan, pengklasifikasian, pendefinisian dan rancangan konektifitas dari berbagai komponen yang menyusun suatu enterprise.

Penelitian ini menggunakan Framework TOGAF (The Open Group Architecture Framework) ADM(Architecture Development Method), tahapannya yaituArchitecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities and Solution, dan migration Planning. Beberapa Tools yang digunakan yaitu Value Chain, Diagram UML dan BPMN.

Hasil dari penelitian ini adalah adanya rancangan sistem informasi yang akan digunakan sebagai pendukung pemenuhan standar nasional pendidikan di Sekolah dan Sekolah memiliki Blue Print atau Model Arsitektur Enterprise yang dapat digunakan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All Copyright © 2017 reserved by Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia