APLIKASI PENGENALAN BATIK TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS ANDROID

  • Argi Faisal Program Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Sukabumi
  • A Gunawan Manajemen Informatika AMIK Bina Sarana Informatika Sukabumi
  • Apip Supiandi Program Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Sukabumi
  • Acep Suherman Komputerisasi Akuntansi AMIK Bina Sarana Informatika Sukabumi
  • Irwan Tanu Kusnadi Program Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Sukabumi

Abstract

Batik adalah kain atau pakaian yang dibuat dengan teknik pewarnaan khusus yang disebut pencelupan anti lilin dan merupakan salah satu warisan budaya yang memiliki nilai seni tinggi, karena ragam hias permukaannya dihias dengan tehnik wax-resist yaitu pewarnaan menggunakan lilin dan paling luas penggunaannya di Asia Tenggara.Penulisan ini menguraikan tentang mengenalkan dan melestarikan warisan budaya batik tradisional Indonesia.Akan tetapi banyak orang tidak memahami persamaan dan perbedaan, hal tersebut seringkali menyulitkan untuk mengenal dan memahami motif batik yang disampaikan berdasarkan ciri khas yang dimiliki. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah aplikasi pengenalan batik tradisional indonesia berbasis android, dengan aplikasi tersebut dapat mempermudah pengguna untuk lebih mengenal dan memahami motif batik berdasarkan ciri khas yang dimiliki. Dengan pembelajaran secara audio visual (multimedia) seseorang dapat belajar secara mandiri baik di rumah atau dimanapun.Dengan adanya smartphone berbasis android tentunya dapat mempermudah pengguna untuk bisa mengenal batik tradisional Indonesia dimanapun dan kapanpun, serta dapat digunakan secara gratis, dan juga dapat digunakan dengan minimal versi android 4.0 Ice cream sandwich.

References

Sanmorino Ahmad. 2012. Clustering Batik Images using Fuzzy C-Means Algorithm Based on Log-Averange Luminance. ISSN: 2252-4274. Depok: Computer Engineering and Aplications Vol.1, No. 1 June 2012:25. Diambil dari: http://comengapp.com/index.php/comengapp/article/view/3/3. (23 Mei 2014)

Yulianto Rusmono, Yoyon K Suprapto, Moch Hariadi. 2010. Identifikasi Pola Batik Parang dengan Algoritma Point Minutea menggunakan metode K-Mean Clustering. ISSN: 1412-8306. Yogyakarta: Journal of Electrical and Electronics Engineering Vol.8, No. 2 Oktober 2010:34 Diambil dari: http://javajournal.its.ac.id/index.php/javajournal/article/download/16/16. (1 April 2014)

Murtiwiyati, Glenn Lauren. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Bebasis Android. ISSN: 1412-9434. Depok: Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 12, No. 2 Desember 2013:1. Diambil dari: http://murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf (9 April 2014)

M.Said Ilham. 2008. Pengembangan Sarana Pengajaran dengan Sistem Multimedia untuk Menggali Potensi Kecerdasan Anak TK. ISSN: 1907-5022. Gresik:Seminar Aplikasi Teknologi Informasi No 21 Juni 2008:19. Diambil dari: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati article/viewFile/861/788 (22 Mei 2014)

Kumar L. Anshwin. 2012. Mobile Aplication for News and Interactive Service. ISSN: 2225-7212. India: Journal of Science and Technology Vol.2, No.2 1 January 2012:1. Diambil dari: http://www.ejournalofscience.org/archive/vol2no1/vol2no1_1.pdf. (5 april 2014)

Watung Ivan Arifard, Alicia A.E. Sinsuw,ST.,MT, Sary D.E.Paturusi, ST.,M.Eng, Xaverius B.N. Najoan, ST.,MT. 2014. Perancangan Sistem Informasi Data Alumni Fakultas Teknik UNSRAT Berbasis WEB. ISSN: 2301-8402. Manado: e-journal Teknik Elektro dan computer 2013. Diambil dari: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/3922. (27 Agustus 2014)

Ayapoe Camie. 2013. Pengertian aplikasi computer. Diambil dari: http://www.mlarik.com/2013/07/pengertian-aplikasi-komputer.html. (4 juni 2014)

Gata Windhu, Grace Gata. 2013. Penerapan Bahasa Pemograman Java dalam Sistem Informasi Penjualan Versi Desktop. ISSN: 1693-9166. Jakarta: BIT Vol. 10 No. 1 April 2013:81-82. Diambil dari: http://riset.budiluhur.ac.id/wp content/uploads/2013/10/PnrpnJavadlmSIPnjualan_Windu_Grace.pdf. (7 Mei 2014)

Firmansyah.2014. Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Hurup Hijaiyah Pada Anak dengan Menggunakan Metode Computer Assited Instruction. ISSN: 2339-210X. Medan: Informasi dan Teknologi Vol.III, No.2 Juni 2014: 16-17. Diambil dari: http://www.inti-budidarma.com/berkas/jurnal/3.%20Firmansyah.pdf. (27 Agustus 2014)

Tarigan Agus Tiranda. 2014. Aplikasi Pembelajaran Metode Substitusi Penyelesaian Persamaan Linear dengan Metode Computer Based Training. ISSN: 2339-210X. Medan: Informasi dan Teknologi Ilmiah Vol. 3, No. 2 Juni 2014:8-10.Diambil dari: http://www.inti budidarma.com/berkas/jurnal/2.%20Agus%20Tiranda%20Tarigan.pdf. (27 Agustus 2014)

Zulkifly. 2013. Model Prediksi Berbasis Neural Network untuk Pengujian Perangkat Lunak Metode Black-Box. ISSN: 1907-5022. Bandar Lampung: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi Vol. -, No. 15 Juni 2013: 33. Diambil dari: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/3120/2852 (4 Juni 2014)

Sulistyorini Prastuti. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. ISSN: 0854-9524. Pekalongan: Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Vol. 14, No. 1 Januari 2009:23-24. Diambil dari: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/87/82. (5 Juni 2014)

Published
2018-03-01