PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ONLINE SHOPPING BANDUNG BOOK CENTRE BERBASIS RESPONSIVE WEBSITE

Firhat Hidayat

Abstract


Teknologi internet sudah merupakan hal yang wajib bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan produk mereka. Namun masyarakat sekarang lebih banyak mengakses internet melalui perangkat smarphone mereka sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktu (belanja, menonton, mendengarkan musik, dll) dengan smarphone mereka, tidak heran para produsen atau para penual mulai beralih dan membuka “Lapak” di dunia internet dan munculah istilah e-commerce dan online shopping. Online Shopping menyajikan segala keperluan pembeli secara virtual baik itu tentang informasi produk, memesan ataupun melakukan pembayaran. Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh Bandung Book Center adalah dengan cara menjual buku di toko atau gerai yang mereka punya. Oleh karena itu dirancang suatu sistem informasi yang menunjang penjualan secara online yang nantinya bisa di akses melalui browser PC/Laptop maupun melalui smartphone, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dan pendapatan perusahaan.
Metode penelitian yang peneliti gunakan disini adalah Metode Deskriptif dan Metode Action. Metoda pengembangan sistem yang dipakai untuk Merancang Aplikasi, penulis menggunakan Metode Prototype. Pemodelan dan perancangan sistem dimodelkan dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Tahap-tahap pemodelan dalam analisis tersebut antara lain Usecase Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Collaboration Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram. Untuk konstruksi programnya penulis menggunakan PHP Codeigniter dan Bootsrap CSS untuk menghasilkan website yang responsive dan untuk database-nya menggunakan MySQL.
Dengan pembuatan sistem informasi ini diharapkan bisa membantu Bandung Book Center memasarkan produk mereka, pelanggan dapat mengakses website dengan menggunakan browser pada PC/Laptop maupun menggunakan smartphone.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.