APLIKASI MOBILE PIANO, GITAR, DAN DRUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : Purwacaraka Music Studio)

Lusi Melian, Hendi Hermawan

Abstract


Penggunaan smartphone selain sebagai media komunikasi, juga menjadikanya sebagai media pembelajaran. Beragam aplikasi hingga permainan telah banyak yang berjalan dalam smartphone Android. Dalam bidang musik, ada salah satu perusahaan yang sudah cukup besar dan telah banyak berkontribusi dalam bidang musik di Indonesia yakni Purwacaraka Music Studio (PCMS). Adapun sistem pengajaran di Purwacaraka Music Studio dalam 1 bulan siswa mendapat 4 kali pelajaran, yang proses pengajarannya hanya dilakukan di tempat. Bila dalam 1 bulan terdapat 5 minggu, maka pada minggu ke-5 tersebut tidak ada kegiatan belajar mengajar. Dalam 1 pelajaran dengan durasi 1x30 menit, dan bagi siswa yang absen/ terlambat datang tidak ada penggantian waktu. Serta alat bantu belajar untuk belajar masih menggunakan buku.
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa terhadap alat musik. Penulis memilih siswa pada tingkat pemula sebagai sampel pengguna aplikasi, karena minat terhadap proses belajar secara teoritis, mengingat anak–anak lebih suka bermain dan belajar. Penelitian ini menggunakan perancangan metodologi penelitian perangkat lunak menggunakan metode prototipe, sedangkan untuk pemodelan datanya menggunakan metode pemodelan berorientasi objek. Alat bantu yang digunakan untuk menganalisis penyusunan menggunakan Unified Modelling Language (UML).
Adapun kemudahan yang didapatkan dalam aplikasi ini adalah bertambahnya alat bantu untuk belajar yang sebelumnya hanya menggunakan buku materi berisi teks dan gambar, dengan ini siswa pemula secara bersamaan dapat mempraktekan materi-materi yang ada di aplikasi ini. Sehingga dapat mengasah sejauh mana kemampuan para siswa di tingkat pemula.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.