PELAYANAN AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 BANDUNG

Sintya Sukarta, Ahmad Zaid

Abstract


Pada zaman yang menuntut perkembangan dan kemajuan teknologi ini, baik instansi pemerintah dan swasta dituntut dapat menerapkan teknologi untuk membantu mendapatkan informasi yang lebih cepat, tepat, dan akurat. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 bandung merupakan salah satu penyelenggara kegiatan akademik dan sekaligus merupakan institusi pendidikan. Sebagai sebuah institusi pendidikan, sekolah ini menginginkan terlaksananya kegiatan akademik dengan baik dan lancer. Tapi kondisi yang ditemukan di lapangan masih jauh dari yang diharapkan. Bagian tata usaha merasa tidak efektif dalam bekerja, ini disebabkan karena dalam penyimpanan data guru dan pengolahan data yang berkaitan dengan dengan kegiatan akademik masih dilakukan dengan cara mencatat pada berkas-berkas dokumen. Selain itu, dalam pencarian data siswa, guru atau data lainnya masih kurang efektif dan efisien karena data tersebut harus dicari pada tumpukan berkas arsip atau dokumen sehingga dalam pembuatan laporan memerlukan waktu yang lama. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang bisa mengakomodir kebutuhan bagi kegiatan akademik.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan langkah-langkah yang terdiri dari tahap analisis sistem, sedangkan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi akademik SMA Negeri 1 Bandung ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL.
Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa sistem informasi akademik yang sangat membantu dalam penyampaian informasi mengenai hasil seleksi, hasil belajar siswa, serta jadwal belajar siswa disekolah.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.