PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA DI KOTA BANDUNG BERBASIS WEBSITE

Lusi Melian, Hilman Agus

Abstract


Jumlah daerah potensi pariwisata di Indonesia khususnya di kota Bandung sangatlah banyak akan tetapi tidak semua daerah-daerah potensi pariwisata tersebut terkelola dengan baik, sehingga dengan kurangnya pengelolaan serta publikasi ke masyarakat luas, informasi lokasi daerah-daerah pariwisata itu tidak banyak yang diketahui oleh para wisatawan. Hal ini dapat menjadi suatu kendala dimana informasi lokasi pariwisata sangat penting untuk diketahui oleh para wisatawan. Jika wisatawan mengetahui serta mengunjungi lokasi pariwisata, dapat memberikan nilai lebih dari sektor pendapatan terhadap lokasi di sekitar wilayah pariwisata tersebut.
Berdasarkan masalah diatas, jika data pariwisata dikelola dengan sistem yang dapat menginformasikan lokasi daerah pariwisata secara spasial dan tektual kepada masyarakat luas, informasi yang diperoleh bukan hanya sebatas informasi saja tetapi secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi yang sebenarnya. Sistem Informasi Geografis merupakan suatu Sistem Informasi yang berbasis komputer dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi bereferensi keruangan, kemampuan inilah yang membedakan Sistem Informasi lain dengan Sistem Informasi Geografis.
Dengan demikian sudah selayaknya sebagai Negara ataupun suatu daerah yang banyak mempunyai keanekaragaman potensi pariwisata untuk mengelola data mengenai lokasi pariwisata, sehingga dengan memfasilitasi serta memudahkan para calon wisatawan untuk mencari informasi daerah pariwisata tidak menutup kemungkinan sektor pariwisata menjadikan sumber pendapatan wilayah tersebut.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.