Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

  • Suwanti Suwanti Universitas Ahmad Dahlan
  • A Yudhana Universitas Ahmad Dahlan
  • Herman Herman Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: End User Computing Satisfaction, Sistem Informasi Perpustakaan, Kepuasan Pengguna

Abstract

Sejak tahun 2017 sistem informasi perpustakaan IKIP Muhammadiyah digunakan, belum pernah dilakukan evaluasi sistem dari persepsi penggunanya. Faktor penting yang mendukung penerapan sistem informasi yaitu hardware, software dan branware. Pada penelitan ini akan mengukur kualitas penerapan sistem informasi perpustakaan melalui persepsi brainware atau pengguna. Kelancaran penggunaan sistem informasi perlunya dilakukan analisis kepuasan pengguna untuk melihat penggunaan sudah berjalan baik selama melakukan aktivitas pelayanan perpustakaan secara online. Objek pada penelitian ini adalah populasi dari IKIP Muhammadiyah Maumere yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan petugas perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction atau yang biasa disebut EUCS.  Metode EUCS memiliki lima variabel yaitu isi, akurasi, bentuk, kemudahan pengguna, dan ketepatan waktu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan sistem informasi perpustakaan IKIP Muhammadiyah Maumere menggunakan metode EUCS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada persentase variabel isi 77%, akurasi 76%, bentuk 77%, kemudahan pengguna 77%, dan ketepatan waktu 78%. Secara umum hasil persentase berada pada kriteria sangat puas. Kesimpulan yang diperoleh adalah pengguna sudah merasa puas pada penerapan sistem informasi perpustakaan IKIP Muhammadiyah Maumere. Maka dapat dikatakan sistem informasi perpustakaan sudah berjalan dengan baik.

References

F. Nugroho and H. Ali, “Determinasi SIMRS : Hardware , Software dan Brainware,” J. Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 254–265, 2022, [Online]. Available: https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/871

A. Frisdayanti, “Peranan Brainware dalam Sistem Informasi Manajemen,” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi (JEMSI ), vol. 1, no. 1, pp. 60–69, 2019, doi: 10.31933/JEMSI.

A. Anwarudin, A. Fadlil, and A. Yudhana, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Infomasi Akademik SIMAK dengan Pendekatan e-Servqual Gap,” RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 85–96, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/resistor/article/view/12638

A. O. P. Dewi, “Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan untuk Mengelola Data Perpustakaan,” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 213–220, 2021, [Online]. Available: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11165

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 143–154, 2020, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/625

A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus di IAIN Bukittinggi Menggunakan Metode EUCS,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 3, pp. 58–66, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/105157/0

D. Kurniawan, E. Zusrony, and R. A. Kusumajaya, “Analisa Persepsi Pengguna Layanan Payment Gateway pada Financial Technology dengan Metode EUCS,” Jurnal Informa, vol. 4, no. 3, pp. 1–5, 2018, [Online]. Available: https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/46

A. Dewima, Y. Amrozi, M. K. Milad, and A. Rohman, “User Satisfaction Measurement of Voter Data Information System with EUCS Model In Komisi Pemilihan Umum Surabaya,” in Internasional Conference On Business & Social Sciences (ICOBUS), 2020, pp. 64–75. [Online]. Available: https://ojsicobuss.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/10

Y. D. C. Saragih, R. Siringoringo, and R. Nainggolan, “Sistem Informasi Perpustakaan pada SMP Negeri 1 Purba,” TAMIKA: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/tamika/article/view/251

Habiburrahman, “Model-Model Evaluasi dalam Sistem Informasi Perpustakaan,” Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi (JIPI ), vol. 1, no. 1, pp. 92–101, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/111

I. G. N. A. Suaryana, I. G. A. E. Damayanthi, and N. K. L. A. Merkusiwati, “Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 84–90, 2016, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/24938

A. B. Saputra, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran Properti di Yogyakarta dan Jawa Tengah Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan., vol. 21, no. 2, pp. 101–108, 2017, [Online]. Available: https://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/66

A. E. Hadisuwarno and R. Bisma, “Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi E-Kinerja dengan Metode TRAM dan EUCS pada Kepolisian,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 93–109, 2020, [Online]. Available: https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/teknologi/article/view/2062

D. Novita and D. S. Ningsih, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep Di Poltekkes Kemenkes Palembang Dengan Pendekatan EUCS,” JATISI: Jurnal Teknologi Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/290

Tugiman, Herman, and A. Yudhana, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit,” JATISI: Jurnal Teknologi Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 1621–1630, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/2227

A. B. Fawait, A. Yudhana, and R. Umar, “Pengambilan Keputusan Penentuan Sentra Industri Kecil dan Menengah Unggulan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ),” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 2, pp. 1110–1117, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3943

N. Puspitasari, W. Tampubolon, and M. Taruk, “Analisis Metode EUCS dan HOT-FIT dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG),” Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/sitech/article/view/6031

Y. Nurdiansyah, E. P. A. Wulandari, and D. A. R. Wulandari, “Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Layanan Website SKCK Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ) ( Studi Kasus : Banyuwangi ),” Informal: Informatics Journal, vol. 5, no. 2, pp. 72–76, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/INFORMAL/article/view/18669

A. W. Utama, “Evaluasi Kinerja dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAK) dengan Metode PIECES dan EUCS,” Jurnal Citra Widya Edukasi, vol. 8, no. 1, pp. 18–32, 2016, [Online]. Available: https://journal.cwe.ac.id/index.php/jurnal_citrawidyaedukasi/article/view/84

A. D. A. Rinjani and D. R. Prehanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS dan IPA,” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 123–136, 2021, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/655

Published
2022-09-10
How to Cite
[1]
S. Suwanti, A. Yudhana, and H. Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction”, JATI, vol. 12, no. 2, pp. 149-161, Sep. 2022.