APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DALAM BENTUK VARIABEL

  • Bella Hardiyana Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Dewasa ini pembelajaran berbasis multimedia sudah umum digunakan. Ini terbukti dari semakin banyaknya aplikasi multimedia yang memudahkan proses pembelajaran. Fungsinyapun berbeda-beda, beberapa berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran dan beberapa juga ada yang berdungsi sebagai pengganti guru.
Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) biasanya diajarkan untuk siswa kelas 7 pada mata pelajaran matematika. Terdapat beberapa masalah dalam memahami PLSV dalam bentuk variabel, yaitu sulitnya siswa mengubah kalimat umum menjadi kalimat matematika, sulitnya siswa memahami dan membedakan kalimat terbuka dan tertutup, sulitnya memahami pengertian PLSV. Untuk itu penulis membuat aplikasi multimedia sebagai alat bantu pembelajaran PLSV yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari PLSV dalam bentuk variabel. Aplikasi tersebut dibuat menggunakan Software Adobe Flash Macromedia 8 dan hasilnya dapat langsung digunakan tanpa perlu adanya proses instalasi (bersifat portable).
Dengan adanya aplikasi multimedia interaktif tersebut dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi PLSV dalam bentuk variabel. Aplikasi ini juga menyediakan fitur latihan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk latihan-latihan soal.

Published
2016-09-01
How to Cite
[1]
B. Hardiyana, “APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DALAM BENTUK VARIABEL”, JATI, vol. 6, no. 2, pp. 11-17, Sep. 2016.