ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SAMSAT KOTA TASIKMALAYA

Herwan Suwandi

Abstract


Sistem informasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting bagi Samsat Kota Tasikmalaya. Hal ini lah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian terhadap sistem informasi pelayanan. Adapun rumusan masalah penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem informasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor terhadap kinerja Pegawai Samsat Kota Tasikmalaya. Data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dengan mengirimkan kuesioner kepada responden.
Kuesioner yang terdiri dari berbagai pertanyaan dimana setiap point pertanyaan mewakili variabel penelitian. Dalam mengelola data primer. Data diperoleh dengan mengirimkan kuisioner kepada responden yang sebanyak 15 responden. Kuisioner terdiri dari beberapa pertanyaan dimana setiap pertanyaan mewakili variabel penelitian. Dalam mengelolah data primer penulis menggunakan program komputer yaitu SPSS (Statistical Product and Service Solution). Dari hasil penelitian diperoleh nilai 75.3%. % hasil tersebut diperoleh bahwa pengaruh sistem informasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berpengaruh besar terhadap kinerja operasional Pegawai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.