PERENCANAAN STRATEGI KOLABORASI UNIVERSITAS UNTUK MENGOPTIMALKAN KERJA SAMA U2U

  • Leonardi Paris Hasugian Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Kerja sama merupakan hal yang dilakukan oleh satu organisasi dengan organisasi lainnya dalam membangun atau memperbaiki keadaan organisasinya untuk mencapai keuntungan dan tujuan tertentu bagi kedua belah pihak. Universitas bersama dengan universitas lain dapat melakukan kesepakatan kerja sama untuk menciptakan dan mengembangkan kualitas pendidikan melalui berbagai macam program kerja sama U2U yang disepakati.
Ketika dua pihak yang berbeda letak geografis dan berbeda budaya kerja menyepakati untuk menjalin kerja sama maka masalah yang sering ditemukan, yaitu masalah komunikasi dan pendistribusian informasi. Masalah mendasar tersebut membawa dampak buruk bagi pembentukan proses bisnis dan arsitektur sistem informasi yang baik guna menyokong aktivitas kerja sama. Untuk itu diperlukan perencanaan strategi yang terkonsentrasi pada kerja sama, yaitu perencanaan strategi kolaborasi dengan berfokus kepada kolaborasi proses bisnis dan sistem informasi terkait komunikasi dan distribusi informasi berdasarkan Cisco Enterprise, dimana tujuan akhirnya adalah untuk membuat proses perencanaan strategi kolaborasi universitas sehingga output yang dihasilkan adalah rencana strategis guna mengoptimalkan kerja sama U2U, terkait dengan orang, proses, dan teknologi.

Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
L. Hasugian, “PERENCANAAN STRATEGI KOLABORASI UNIVERSITAS UNTUK MENGOPTIMALKAN KERJA SAMA U2U”, JATI, vol. 6, no. 1, pp. 49-62, Mar. 2016.