Pembangunan Sistem Aplikasi Kuliah Online Sebagai Sarana Penunjang Kegiatan Perkuliahan Di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Nizar Rabbi Radliya

Abstract


Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah internet. Di institusi pendidikan, internet juga digunakan sebagai media pembelajaran. Pada saat ini, pemakaian teknologi komputer dalam bidang akademik khususnya pada kegiatan perkuliahan menjadi keniscayaan dan syarat utama untuk menunjukkan kualitas bidang akademik sebuah universitas. Begitu halnya dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya yang selalu dihadapkan pada permasalahan keterbatasan waktu, ruang dan jumlah tenaga dosen dalam melayani mahasiswa. Untuk itu dibutuhkan media berupa sistem terkomputerisasi yang dapat memfasilitasi kegiatan perkuliahan. Dengan ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui kegiatan perkuliahan yang berjalan di UPI Kampus Tasikmalaya dan melakukan perancangan, implementasi, dan pengujian sistem aplikasi kuliah onlineguna menjawab atau mengatasi permasalahan yang dihadapi.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Adapun pendekatan sistem yang dilakukan penulis adalah pendekatan berorientasi objek (object oriented) dan pengembangan sistem menggunakan model RUP (Rational Unified Process), serta alat bantu analisis dan perancangan menggunakan diagram-diagram UML (Unifield Modeling Language). Sedangkan untuk implementasinya digunakan beberapa perangkat lunak (software) yang diantaranya; web editor menggunakan JetBrains PhpStorm 9.0.2, paket PHP menggunakan XAMPP version 7.0.2 (PHP 7.0.2, web server Apache 2.4.18, serta database MySQl), dan yang terakhir web browser menggunakan Mozilla Firefox.
Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Aplikasi Kuliah Online. Sistem aplikasi yang dibangun dapat berperan sebagai sarana penunjang bagi kegiatan perkuliahan di UPI Kampus Tasikmalaya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.