RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN BAHASA JAVA

  • Bella Hardiyana Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
  • Yayang Nopandi Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Dalam pembelajaran matakuliah pemrograman Java (Lab Pemrograman 1) yang dilaksanakan di Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia, mahasiswa dituntut untuk dapat memahami dan mempraktekkan konsep-konsep pemrograman yang diajarkan dengan jatah waktu selama 1,5 jam dalam seminggu. Hal ini membuat kurang efektifnya praktek pembelajaran matakuliah pemrograman Java. Untuk menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan software edukatif untuk membantu proses pembelajaran mahasiswa. Hal ini menjadi dasar bagi penulis untuk mengembangkan aplikasi yang akan digunakan sebagai sarana pembelajaran matakuliah bahasa pemrograman Java yang dilaksanakan di Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia.
Metode pendekatan yang digunakan oleh penulis untuk membuat aplikasi pembelajaran ini adalah metode pendekatan berorientasi objek. Sedangkan metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan prototipe. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pemodelan Unified Modeling Language (UML). Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak Abode Flash CS3 Professional dan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript versi 2.0. Setelah aplikasi pembelajaran ini selesai dibuat, selanjutnya diuji menggunakan teknik pengujian alpha dengan metode pengujian black box. Pada hasil pengujian ini tidak ditemukan satupun kesalahan secara fungsional. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwa secara fungsional aplikasi belajar ini berjalan sesuai yang diharapkan.

Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
B. Hardiyana and Y. Nopandi, “RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN BAHASA JAVA”, JATI, vol. 6, no. 1, pp. 17-28, Mar. 2016.