PERANGKAT LUNAK PENGOLAHAN DATA PEMUTUSAN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. BERDIKARI)

Julian Chandra Wibawa, Rikky Supriatna

Abstract


Sistem pengolahan data pemutusan hubungan kerja merupakan aspek yang sangat penting bagi perusahaan manapun, termasuk di PT. BERDIKARI (PERSERO) karena tenaga kerja merupakan aspek yang diutamakan. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki sistem pemutusan hubungan kerja yang terorganisir. Banyak permasalahan yang sering terjadi di PT. Berdikari seperti proses penyimpanan data masih dalam bentuk arsip sehingga bagian keuangan dalam membuat laporan sering sekali terjadi keterlambatan, serta perhitungan jumlah pemutusan hubungan kerja secara manual.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode dekriptif, metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode analisis dan perancangan berbasis objek. Sedangkan metode dalam pengembangan sistem yang digunakan adalah menggunakan Metode Prototype.
Setelah melewati tahap implementasi diperoleh hasil yaitu keamanan data lebih terjamin. Selain itu proses penyimpanan data lebih rapih dan pengolahan dana pemutusan hubungan kerja lebih akurat, maka berdasarkan kesimpulan sistem ini dapat membantu dan mempermudah dalam proses pemutusan hubungan kerja dan dapat meminimalisir kesalahan dalam perhitungan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.