Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VII

  • R P Dhaniawaty Universitas Komputer Indonesia
  • A L Suci Universitas Komputer Indonesia
  • B Hardiyana Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Multimedia Interaktif, IPA, Sistem Pencernaan Manusia, Siswa SMP

Abstract

Komponen utama yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah menengah pertama untuk meningkatkan kualitas proses belajar yaitu pengajar, materi pelajaran dan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar mata pelajaran IPA mengenai sistem pencernaan manusia dengan menggunakan teks, video, animasi, dan game adalah multimedia pembelajaran interaktif. Proses pembelajaran IPA pada SMP PGRI Limbangan masih menggunakan cara konvensional, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami proses perubahan makanan menjadi gizi bagi tubuh manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan multimedia dan membantu meningkatkan motivasi siswa. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran IPA mengenai proses sistem pencernaan manusia.

References

Syamsuar, dan Reflianto, “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0”, E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2018. Tersedia : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343. [Diakses : 09-Agustus-2021]

R. Lapisa, I. Basri, M. Milana dan A. Arif, “Review Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran : Studi Kasus SMK di Kota Padang Panjang”, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, vol. 2, no. 4, pp. 103-109, 2019. Tersedia : http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/60. [Diakses : 09-Agustus-2021]

J. B. Kelana, “The Effect of The Learning Media and The Ability to Think Creative of to The Ability to Science Literacy Student of Elementary School”, Primaryedu : Journal of Elementary Education, vol. 2, no. 2, pp. 79-86, 2018. Tersedia : http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/primaryedu/article/view/1008. [Diakses : 10-Agustus-2021]

S. Sahronih, A. Purwanto dan M. S. Sumantri, “The Effect of Interactive Learning Media on Student Science Learning Outcomes”, International Conference on Information and Education Technology, 2019. Tersedia : https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3323771.3323797. [Diakses : 10-Agustus-2021]

A. S. Putri, N. Aznam, “The Effectiveness of Science Learning Media Using Focusky Software on Junior High School Students Higher Order Thinking Skills”, Scientiae Educatia : Jurnal Pendidikan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 12-22, 2019. Tersedia https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/3886. [Diakses : 11-Agustus-2021]

T. Hikmawan, N Sutarni dan A. Hufad, “The Role of Electronic Learning Media in Creativity Learning”, Journal of Physics : Conference Series, vol. 1375, 2019. Tersedia : https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1375/1/012030/meta. [Diakses : 11-Agustus-2021]

A. Nofitasari, Lisdiana dan A. Marianti, “Development of My Biology App Learning Media Based on Android Materials of Food Digestion Systems as Student Learning Source at Senior High School”, Journal of Innovative Science Education, vol. 10, no.1, pp. 70-78, 2021. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/38670/16048. [Diakses : 11-Agustus-2021]

A. Prajana dan Y. Astuti, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Oleh Guru SMK di Banda Aceh Dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013”, JINOTEP, vol. 7, no. 1, pp. 33-41, 2020. Tersedia : http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/12948. [Diakses : 12-Agustus-2021]

M. Triyanti, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI”, Jurnal BIOEDUKATIKA, vol. 3, no. 2, pp. 9-14, 2015. Tersedia : http://bioedukatika.uad.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/2.-Jurnal-Bioedukatika-Merti-9-14.pdf. [Diakses : 13-Agustus-2021]

T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik”, JEP, vol. 8, no. 1, pp. 19-35, 2011. Tersedia : https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706. [Diakses : 14-Agustus-2021]

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”, Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 103-114, 2018. Tersedia : http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113. [Diakses : 16-Agustus-2021]

H. H. Batubara, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI”, MUALLIMUNA, vol. 3, no. 1, pp. 12-27, 2017. Tersedia : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952. [Diakses : 16-Agustus-2021]

M. Rorita, S. Ulfa, A. Wedi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang”, JINOTEP, vol. 4, no.2, pp. 70-75, 2018. Tersedia : http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/3765. [Diakses : 18-Agustus-2021]

Y. Kusmanagara, F. Marisa dan I. D. Wijaya, “Membangun Aplikasi Multimedia Interaktif Dengan Model Tutorial Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Kanton”, JIMP, vol. 3, no. 2, pp. 1-8, 2018. Tersedia : http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/165. [Diakses : 18-Agustus-2021]

I. Susilowati, R. S. Iswari dan S. Sukaesih, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia”, UNNES JOURNAL OF BIOLOGY EDUCATION, vol. 2, no. 1, pp. 82-90, 2013. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/2618. [Diakses : 18-Agustus-2021]

A. Ariyanto, D. F. Priyayi, L. Dewi, “Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga”, BIOEDUKASI, vol. 9, no. 1, pp. 1-13, 2018. Tersedia : http://www.fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/biologi/article/view/1377. [Diakses : 18-Agustus-2021]

S. Alisyafiq, B. Hardiyana dan R. P. Dhaniawaty, “Implementation of the Life Cycle of Multimedia Development in Interactive Multimedia Learning Applications Algorithm and Basic Programming for Students with Special Needs Based on Android”, JPKK, vol. 5, no. 2, pp. 135-143, 2021. Tersedia : http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/594. [Diakses : 10-September-2021]

S. Bakhri, “Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE”, intensif, vol. 3, no. 2, pp. 130-144, 2019. Tersedia : https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/intensif/article/view/12666. [Diakses : 21-Agustus-2021]

A. T. J. Harjanta dan B. A. Herlambang, “Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE”, JURNAL TRANSFORMATIKA, vol. 16, no. 1, pp. 91-97, 2018. Tersedia : https://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/894. [Diakses : 21-Agustus-2021]

H. Retnawati, “Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning”, JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 45, no. 2, pp. 156-167, 2015. Tersedia : https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7493. [Diakses : 3-September-2021]

Published
2021-10-25
How to Cite
[1]
R. Dhaniawaty, A. Suci, and B. Hardiyana, “Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VII”, JATI, vol. 11, no. 2, pp. 183-194, Oct. 2021.