SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DAN PENGOLAHAN NILAI PADA SMA

Myrna Dwi Rahmatya

Abstract


Kegiatan penjadwalan dan pengolahan nilai pada salah satu SMA di Bandung belum terkomputerisasi. Bagian pengajaran perlu melakukan pengecekkan jumlah jam mengajar guru saat akan membuat jadwal. Tak jarang terjadi kesalahan dalam penjadwalan, seperti jumlah jam mengajar pada jadwal mengajar tidak sesuai atau jadwal mata pelajaran yang berbenturan dengan jadwal mata pelajaran lain.Sedangkan dalam pengolahan nilai, guru mata pelajaran yang bersangkutanlah yang akan mengolah nilai harian, tugas dan ulangan menjadi nilai raport. Namun, wali kelas akan menulis kembali nilai-nilai tersebut ke dalam raport, membuat rekap nilai dan leger nilai. Hal ini tentu relatif memakan waktu.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi penjadwalan dan pengolahan nilai untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut di atas. Metode pendekatan sistem yang digunakan pada penelitian ini ialah terstruktur, dengan metode pengembangan sistem waterfall. Tools yang digunakan untuk menggambarkan sistem, baik yang sedang berjalan maupun yang diusulkan, adalah Flowmap, Diagram Konteks, Diagram Arus Data, dan Kamus Data. Bahasa pemrograman yang digunakan adalab VB 6 dan database SQL Server 2000.

Sistem informasi penjadwalan dan pengolahan nilai telah dapat mengatasi permasalahan yang ada. Namun, sistem penjadwalan dirancang masih diinputkan dan dapat dikembangkan agar dapat menjadwalkan mata pelajaran secara otomatis.

 

Kata kunci: sistem informasi, penjadwalan, pengolahan nilai, VB 6, SQL Server 2000


Full Text:

PDF

References


Amsyah, Zulkifli. 2005. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia.

HM, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Simarmata, Janer. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.