Penerapan Metode IPA dan PGCV untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop

  • P E Rizqiyah Universitas Catur Insan Cendekia
  • R T Subagio Universitas Catur Insan Cendekia
  • T E Putri Universitas Catur Insan Cendekia
Keywords: pengukuran tingkat kepuasan konsumen, coffee shop, IPA, PGCV, kuesioner

Abstract

Upaya untuk mengetahui tingkat kinerja kualitas pelayanan dan kualitas produk di Oksigen Coffee saat ini dilakukan survei kepuasan konsumen, survei dilakukan secara manual dan bentuk wawancara belum berdasarkan indikator-indikator sebagai standar yang diperlukan untuk keseragaman materi survei sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan analisa lebih lanjut. Maka dibutuhkan adanya sistem untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dengan menerapkan metode analisis yang mempertimbangkan tingkat kepentingan atau harapan dari responden. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan penggabungan 2 metode analisa yaitu metode IPA yang digunakan untuk mengetahui atribut yang diperbaiki atau dikurangi berdasarkan letak pada pemetaan kuadrannya, sedangkan metode PGCV digunakan untuk mengetahui urutan prioritas perbaikan atribut yang harus diperbaiki atau ditingkatkan berdasarkan nilai potensialnya serta hasil dari metode PGCV merupakan hasil akhir dalam pengukuran tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini adalah sistem yang mampu mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan tingkat kinerja dan tingkat kepentingan atribut yang harus diperbaiki atau dikurangi dan urutan prioritas perbaikannya.

References

K. Sari, “Artikel,†Potensi Kopi Indonesia, 2020, [Online]. Tersedia: https://thecolumnist.id/artikel/potensi-kopi-indonesia-1369.

T. Redaksi, “Beritaâ€, Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3000 Gerai, 2019, [Online]. Tersedia: https://voi.id/berita/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai.

P. A. Ranitaswari, S. Mulyani dan C. A. B. Sadyasmara, “Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri,†Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode IPA., vol. 6, no. 2, pp. 147-157, 2018.

P.W. Utomo. “JPTM,†Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Hasil Kinerja Bengkel Dengan Menggunakan Metode IPA., vol.08, no.01, pp. 135-144, 2019.

C. E. Silalahi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Asuransi Rumah Menggunakan Metode PGCV†Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

A. F. Gucci dan H. Setiawan, “Jurnal Teknik Industri,†Pengukuran Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan dan Penentuan Prioritas Perbaikan di Puskesmas dengan Metode PGCV., vol. 5, no. 3, 2017.

W.K. Ramdhani dan A.L. Yuliati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Internet,†eProceedings of Management, 2016 [Online]. Tersedia: https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3151 [20-Desember-2020].

Administrator, “Kepuasan Pelangganâ€, Menciptakan Kepuasan, 29 Maret 2017, [Online]. Tersedia: https://mars.umy.ac.id/menciptakan-kepuasan [20-Desember-2020].

B. Wahyono, “Pendidikan Ekonomiâ€, Pengertian dan Pengukuran Kepuasan Konsumen, [Online], 2012. Tersedia: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/pengertian-dan-pengukuran kepuasan.html [20 Desember 2020].

M.P. Panuntun. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode IPA dan PGCV†Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang, 2015.

Sukamto, R. Ariani dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informasi Bandung, 2016.

Published
2021-09-01
How to Cite
[1]
P. Rizqiyah, R. Subagio, and T. Putri, “Penerapan Metode IPA dan PGCV untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop”, JATI, vol. 11, no. 2, pp. 137-151, Sep. 2021.