METODE MARKERLESS UNTUK MEMBANGUN APLIKASI PEMANDU WISATA WILAYAH CIAYUMAJAKUNING BERBASIS MOBILE ANDROID

  • Selvia Lorena Br Ginting Universitas Komputer Indonesia
  • Meylly Pamungkas
  • Yogie Rinaldy Ginting

Abstract

Ciayumajakuning, memiliki banyak jenis wisata menarik yang ditawarkan seperti wisata alam, wisata budaya, sampai wisata sejarah, yang diharapkan dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bagi setiap wisatawan yang baru pertamakali akan berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning tentunya sangat membutuhkan informasi dan data mengenai lokasi-lokasi wisata yang berada di wilayah Ciayumajakuning, serta rute untuk mencapainya. Penggunaan peta dan pemandu wisata (tour guide), dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning agar dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan tersebut, tetapi peranan pemandu wisata dan peta terkadang tidak cukup dan tidak memberikan informasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh wisatawan tersebut. Untuk menggantikan peran pemandu wisata dan peta tersebut, maka dibangun sebuah aplikasi pemandu wisata yang dapat memberikan informasi kepada wisatawan mengenai objek wisata yang terdapat di wilayah Ciayumajakuning beserta rute untuk mencapainya. Agar solusi tersebut dapat dicapai maka sistem ini akan dipasang pada smartphone Android. Aplikasi ini mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR). Selain itu aplikasi yang dibangun mencakup data-data yang biasanya dibutuhkan oleh wisatawan yaitu informasi posisi wisatwan berada, informasi objek wisata, jarak dari posisi wisatawan berada dengan posisi objek wisata, rute dan informasi waktu tempuh, serta objek-objek penting yang terdapat dalam perjalanan.
Kata kunci :Objek Wisata, Ciayumajakuning, Wisatawan, Augmented Reality

References

Akbar, T. (2012). Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Pembangunan Aplikasi Bandung Tour Guide Berbasis Platform Android. Makalah Seminar Tugas Akhir.

Djamaludin, dan Usino, W, (2014). Protipe Sistem Informasi Pencarian Lokasi pusat Kesehatan Masyarakat Berbasis SIG di Kota Tanggerang. Jurnal Teknik Informatika Universitas Islam Syekh Yusuf. ISSN:2252-5351

Fikri, I. A., Herumurti D., dan Rahman, R.H. (2016). Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 5, No. 1. ISSN: 2337-3539/2301-9271

Fowler, Martin. (2004). UML Distiled Edisi 3 Panduan Singkat Bahasa

Pemodelan Objek Standar (Terjemahan Tim Penerjemah Penerbit Andi). Yogyakarta: Andi.

Hatmoko, B.D. (2014). Sistem Informasi Obyek Wisata (Tour Guid) Secara Real Time Menggunakan GPS di Bogor Via Mobile Android. Faktor Exacta 7(1): 59-71. ISSN: 1979-276X

Haviluddin. (2011) Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman Vol 6 No. 1 Febuari 2011

Hidayat, A. A., Kholil, M., Winda, dan Yudistira, (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Sebagai upaya Peningkatan Nilai Tambah Terhadap Jasa Cleaning Service. Seminar Nasional IENACO. ISSN 2337-4349

Hollerer, Tobias H., K, Steven., (2004). Location-Based Computing and Services, Chapter 9 - Mobile Augmented Reality, Francis Books Ltd., 01/2004.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Asissted – Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Edisi. 1 Volume. ISSN : 2089-9033

Milgram, Paul, Kishino, Fumio, (1994). Augmented Reality : A class of displays on the reality-virtuality cintinuum, Japan: ATR Communication System Reseach Laboratories.

Piarsa, N., I., Buana, W., P., (2016). Android Navigation Application with Location-Based Augmented Reality. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Volume 13, Issue 4. ISSN (Print): 1694-0814 | ISSN (Online): 1694-0784

Ramdhon, A., N. (2014). Aplikasi Pemandu Wisata Kebun Binatang Bandung Berbasis Android. Makalah Seminar Tugas Akhir.

Rozaldi, F. R. (2015). Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Pemandu Kota Menggunakan Metode Location Service Berbasis Android. Makalah Seminar Tugas Akhir.

Santoso Nurdin, (2014). Pembangaunan Augmented Reality Denah Museum Geologi Bandung Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android. Makalah Seminar Tugas Akhir

Saputro, H. (2012). Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL).

Sari, J., P. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android. Jurnal Rekursif, Vol. 2 Nomor 2 November 2014, ISSN 2303-0755

Wibisono, W., Baskoro, F., (2002). Pengujian Perangkat Lunak dengan Menggunakan Model Behavior UML. JUTI, Vol.1, nomor 1. Juli 2002: 43-50, ITS Surabaya.

Published
2017-09-01