PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DARI EVOLUSI INFRASTRUKTUR

Mia Fitriawati

Abstract


Pengembangan sumber daya teknologi yang merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah pengembangan teknologi infrastruktur . Teknologi informasi infrastruktur yang semakin berkembang dan berevolusi tanpa pernah berhenti memerlukan sebuah pedoman untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mendukung terjadinya perkembangan yang sesuai dengan tujuan tersebut, diperlukan adanya pembahasan mengenai perkembangan-perkembangan penting yang bisa dilihat pada evolusi infrastruktur teknologi informasi.
Pada evolusi infrastruktur dapat diketahui dengan memahami penggerak teknologi informasi dari evolusi infrastruktur. Evolusi infrastruktur yang dipakai sebagi acuan, antara lain hukum Moore dan daya pemrosesan, Hukum Penyimpangan Digital Besar, dan Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan. Setelah memahami bagaimana evolusi infrastruktur tersebut dapat digunakan untuk membantu mengurangi permasalahan yang timbul pada perusahaan. Keuntungan yang didapat oleh perusahaan tentunya adalah dari segmen perekonomian, yaitu keuntungan yang didapat apabila perusahaan berada pada bidang infrastruktur teknologi informasi maupun hanya sebagai pengguna teknologi informasi.
Maka dari itu dengan memahaminya perusahaan dapat membuat sebuah pedoman yang mengacu pada perkembangan dalam bidang infrastrukur IT. Maka perusahaan tersebut dapat menerapkannya sebagai kebijakan karena evolusi tersebut tidaklah berhenti pada masa itu saja tetapi dapat dipakai untuk evolusi selanjutnya untuk kepentingan yang berbeda.

Kata Kunci : Teknologi Informasi, evolusi infrastruktur, perkembangan infrastruktur.


Full Text:

PDF

References


Laudon, C. Keneth, Laudon, Jane P. 2007. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta : Salemba Empat, page 206-213

Supriyanto, Wahyu, Muhsin, Ahmad. 2008. Strategi perancangan perpustakaan digital. Yogyakarta: Penerbit kanisius.

Maharsi, Sri. 2000. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 2, No 2, page: 127

Fazio, Regina (March-April 1994). “The Right Way to go Global:an Interview with Whirpool CEO, Davit Whitman”. Harvard Business Review, page:135-145.

Hanscombe, Richard and Philiph Norman (1989). Strategic Leadership: The Missing Link. International edition, Singapore: Mc Grawhill Book Co.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.