Sistem Pakar Penentuan Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Berdasarkan Lokasi dan Kualitas Air

  • A Rohmat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • B A Dermawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • A Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang
  • B Gunadi Balai Riset Pemuliaan Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan
Keywords: ESDLC, forward chaining, lokasi dan kualitas air, sistem pakar

Abstract

Proses perikanan budidaya tentunya memerlukan kesiapan air dan lahan yang merupakan sarana hidup ikan. Salah satu faktor dalam proses perikanan budidaya adalah kondisi lokasi dan parameter kimia dan fisika. Pada penelitian ini parameter yang digunakan yaitu lokasi dan syarat kualitas air. Sistem pakar merupakan pelaksanaan terkomputerisasi yang dapat memecahkan persoalan tertentu dengan menyerupai kerja dari para ahli. Penelitian ini mengembangkan sistem yang dirancang untuk mengidentifikasi penentuan jenis budidaya ikan air tawar berdasarkan lokasi dan kualitas air serta menjadi media penunjang bagi para pembudidaya ketika ingin berkonsultasi secara akurat. Metode forward chaining pada sistem ini yaitu dengan menjawab 26 pernyataan fakta budidaya ikan air tawar, kemudian mencari aturan yang sesuai dengan hipotesis yang ada sehingga dapat diambil kesimpulan berdasarkan pernyataan yang telah dipilih. Sistem akan mengidentifikasi 3 ikan yaitu nila (Oreochromis niloticus), mas (Cyprinus carpio), dan gurami (Osphronemus goramy). Hasilnya muncul nama ikan yang teridentifikasi sesuai dengan fakta atau pernyataan yang telah dipilih serta memberikan solusi dalam penanganan atau pemeliharaan budidaya ikan air tawar. Pembangunan sistem menggunakan metodologi ESDLC terdiri dari tahap penilaian, akuisisi pengetahuan, desain, pengujian dan dokumentasi. Pada tahap pengujian pengguna mendapatkan total 1263 dari 40 responden apabila di interpretasi menjadi 78,9% yang termasuk kedalam interval baik.

References

Bappenas, “Kajian strategi pengelolaan perikanan berkelanjutan,†Kementerian ppn/bapenas direktorat kelautan dan perikanan, 120, 2014.

Kesuma, D, “Optimalisasi produksi budidaya ikan konsumsi air tawar (studi kasus pada UD Murti, Desa Bojong Sempu, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor,†(Skripsi). Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2006.

Khairuman H, Amri K, “Buku Pintar Budidaya dan Bisnis 15 Ikan Konsumsi,†Jakarta: Agromedia Pustaka, 2011.

Floyd, R, F, “Stress–Perannya dalam Penyakit Ikan,†Romi N, penerjemah. Batam: Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2010.

Haslinda, S, “Sistem pakar penentuan jenis budidaya ikan tawar berdasarkan lokasi dan kualitas air,†Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2013.

Kusumadewi, S, “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya),†Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Efraim Turban, dkk, “Decision Support Systems and Intelligent Systems,†Yogyakarta: ANDI, 2005.

Effendi, I, “Pengantar Akuakultur,†Jakarta: Penebar Swadaya, 2004.

Estu, N dan Anang, H.K, “Panduan lengkap ikan konsumsi air tawar populer,†Depok: Penebar Swadaya, 2008.

Ditjen Perikanan Tangkap, “Kebijakan dan program prioritas tahun 2008. Di dalam: Rakornas Departemen Kelautan dan Perikanan,†Jakarta: Departemen Kelautan dan Perikanan, 2007.

Andriani Anik, “Pemrograman Sistem Pakar Konsep Dasar dan Aplikasinya Menggunakan Visual Basic 6,†Jakarta: MediaKom, 2017.

Mappatombong, L, “Kelebihan dan Kekurangan Forward Chaining,†Jakarta: Pt Elex Media Komputindo, 2005.

Russel S dan Norvig P, “Infference In First-Order Logic, Forward chaining. Artificial Intelligence, A modern Approach,†New Jersey: Prince Hall, 2003.

Balai Riset Pemuliaan Ikan, 2018. Penelitian komoditas ikan. Subang, penulis. Tersedia di: http://bppisukamandi.kkp.go.id [Accessed 26 Juni 2020].

Priadi, S dkk, “Petunjuk teknis budidaya ikan nila srikandi,†Subang: Balai Riset Pemuliaan Ikan, 2020.

Budi, S, “Petunjuk praktis budidaya ikan mas,†Yogyakarta: KANISIUS, 1995.

Tim Karya Mandiri, “Pedoman budidaya ikan gurami,†Bandung: Cv. Nuansa Aulia 2009.

Mujalifah, Hari. S dan Saimul. L, “Fish morfology study of nila (Oreochromis niloticus) in the habitat of fresh and brackish water,†Jurnal ilmiah biosainstropis, Vol.3. No.3:10-11, 2018.

Bambang G, “Analisa pertumbuhan benih ikan nila srikandi (oreochromis aureus x niloticos) pada pemeliharaan di kolam tembok dan kolam tanah di air tawar,†Prosiding forum inovasi teknologi akuakultur, 407, 2016.

Priadi. S, Adam. R dan Raden. R, “Evaluasi pertumbuhan dan toleransi salinitas lima strain ikan nila pada tambak bersalinitas 25-30g/L,†Prosiding forum inovasi akuakultur, 103, 2015.

Yogi H, Khairul S dan Didik A, “Performa pembesaran ikan mas rajadanu (cyprinus carpio) generasi ketiga hasil seleksi walk back,†Jurnal riset akuakultur, 12(2), 121-129, 2017.

Suharyanto, Rita F dan Sularto, “Karakterisasi empat populasi ikan gurami (osphronemus goramy lac) dan persilangan nya berdasarkan metode truss morfometrik,†Jurnal riset akuakultur, 11(2), 125-135, 2016.

Candra, Reski. M., & Wirman, Jefri. S, “Sistem diagnosa kegagalan dalam budidaya ikan konsumsi air tawar dengan menggunakan metode case based reasoning,†Jurnal sains, teknologi dan industri, 14(2),pp. 144–149, 2017.

Afredo, C.A, “Aplikasi menentukan jenis ikan air tawar yang baik untuk dibudidayakan di kolam menggunakan metode naive bayes,†Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, 2017.

Published
2021-09-01
How to Cite
[1]
A. Rohmat, B. Dermawan, A. Voutama, and B. Gunadi, “Sistem Pakar Penentuan Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Berdasarkan Lokasi dan Kualitas Air”, JATI, vol. 11, no. 2, pp. 96-110, Sep. 2021.