Perancangan E-Learning di SMAN 1 Margahayu
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di sekolah umumnya terbatas pada pertemuan yang dilakukan di kelas. Ketidakhadiran pengajar menjadi salah satu penyebab kegiatan belajar mengajar tidak berlangsung. Hal ini, berdampak pada tidak tersampaikannya materi pada siswa. Sementara itu, e-learning dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini. Tujuan penelitian ini ialah membangun rancangan e-learning pada SMAN 1 Margahayu. Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah pendekatan objek dengan metode pengembangan prototype. Tools yang digunakan dalam penelitian ini ialah UML. Dengan adanya e-learning, pengajar dapat memberikan materi bahkan jika pertemuan di sekolah tidak dapat terjadi. Bukan hanya itu, murid yang absen di kelas tidak akan tertinggal materi pelajaran. Manfaat lain ialah siswa dapat berdiskusi mengenai materi pelajaran meski di luar jam pelajaran serta memungkinkan siswa mendapatkan materi pendukung selain yang sudah pengajar sampaikan di kelas. Oleh karena itu, perancangan e-learning ini dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar dan menjadi cara baru bagi pengajar dan siswa untuk berinteraksi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.