Pengembangan Aplikasi Sido Chatbot sebagai Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Kediri Menggunakan Rule-Based Pattern Matching
DOI:
https://doi.org/10.34010/jati.v15i1.15219Keywords:
Artificial Intelligence, Chatbot, Pariwisata, Transformasi DigitalAbstract
Pariwisata merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dengan kontribusi yang signifikan terhadap lapangan kerja dan ekonomi kreatif. Provinsi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Kediri, memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata yang berdaya saing. Upaya transformasi digital dalam sektor pariwisata, termasuk pengembangan infrastruktur teknologi dan analisis data, menjadi langkah penting untuk meningkatkan daya tarik wisata. Salah satu solusi efektif dalam memberikan informasi wisata adalah melalui penerapan chatbot. Metodologi kuantitatif deskriptif diterapkan dengan menggunakan pendekatan rule-based pattern matching untuk pengembangan chatbot, serta pengujian keberhasilan mencapai persentase 83,33%, yang mengindikasikan sebagian besar fungsionalitas aplikasi berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat area yang memerlukan perbaikan. Untuk meningkatkan performa, perlu diperluas cakupan data latih yang mencakup berbagai jenis percakapan, serta pengintegrasian kecerdasan buatan (AI) guna memperkaya pengetahuan chatbot. Evaluasi dan penyesuaian model chatbot secara berkala juga penting untuk meningkatkan kualitas dan responsivitasnya dalam memberikan informasi yang akurat kepada pengunjung wisata di Kediri.
References
R. Wijayanto, F. Pradana, and F. A. Bachtiar, “Pembangunan Sistem Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Malang berbasis Web,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 5, Art. no. 5, Jul. 2020. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7267
I. G. A. D. Hendriyani, “Siaran Pers: Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Peringkat ke-22 Dunia,” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2024. Accessed: Oct. 02, 2024. [Online]. Available: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-indeks-kinerja-pariwisata-indonesia-peringkat-ke-22-dunia
K. Rozaq, “Implementasi Teknologi Digital untuk Mengembangkan Income Generating Desa Wisata Keling Kabupaten Kediri Jawa Timur,” Ekonomika: Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Bisnis Kewirausahaan, vol. 9, no. 1, pp. 142–151, Dec. 2021, doi: 10.30640/ekonomika45.v9i1.954.
S. Nuryono, “Meroket! Kunjungan Wisatawan Mancanegara Melonjak 2 Kali Lipat - Industri Properti,” Industri Properti, 2024. Accessed: Oct. 03, 2024. [Online]. Available: https://www.industriproperti.com/nasional/meroket-kunjungan-wisatawan-mancanegara-melonjak-2-kali-lipat/
CNBC Indonesia, “5 Kota Terkaya di Jateng, Jatim & Jabar: Warga Kediri Paling Makmur,” CNBC Indonesia, 2024. Accessed: Oct. 03, 2024. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/research/20240413133847-128-530101/5-kota-terkaya-di-jateng-jatim-jabar-warga-kediri-paling-makmur
BPS Kabupaten Kediri, “Jumlah Wisatawan di Kabupaten Kediri Menurut Asal Wisatawan dan Objek Tempat Wisata 2021-2022, “ Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri, 2023. Accessed: Oct. 03, 2024. [Online]. Available: https://kedirikab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTM3IzI=/jumlah-wisatawan-di-kabupaten-kediri-menurut-asal-wisatawan-dan-objek-tempat-wisata-.html
D. Wulandari and J. S. Wibowo, “Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa untuk Layanan Informasi Wisata di Kota Pati,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science. Vol. 6, no. 2, pp. 794-801, doi: 10.31539/intecoms.v6i2.7107.
L. Swastiko and Achmad Fauzi, “Implementasi Teknologi Chatbot pada Contact Center Kring Pajak 1500200: Dampak Terhadap Kapasitas Layanan,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 111–120, Apr. 2023, doi: 10.56127/jaman.v3i1.664.
J. Lee, T. An, H. E. Chu, H. G. Hong, and S. N. Martin, “Improving Science Conceptual Understanding and Attitudes in Elementary Science Classes through the Development and Application of a Rule-Based AI Chatbot,” Asia-Pacific Science Education, vol. 9, no. 2, pp. 1–48, Dec. 2023, doi: 10.1163/23641177-bja10070.
M. Mukrodin and N. M. Saraswati, “Artificial Inteligence dalam Apilkasi Chatbot sebagai Helpdesk Obyek Wisata dengan Permodelan Natural Language Processing (Studi Kasus: Kabupaten Cilacap),” Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, vol. 10, no. 1, Jan. 2021, doi: 10.30591/smartcomp.v10i1.2135.
E. N. S. C. P and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung dengan Pendekatan Natural Language Processing,” Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 49–54, Mar. 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i1.2410.
V. Amrizal and Q. Aini, Kecerdasan Buatan. Halaman Moeka Publishing, 2013. Accessed: Oct. 03, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44538
Migunani and K. Aditama, “Pemanfaatan Natural Language Processing dan Pattern Matching dalam Pembelajaran Melalui Guru Virtual,” Elkom: Jurnal Elektronika dan Komputer, vol. 13, no. 1, pp. 121–133, Aug. 2020, doi: 10.51903/elkom.v13i1.187.
F. Alpino and D. Soyusiawaty, “Pencarian Informasi Wisata Candi di Yogyakarta dengan Bahasa Alami Berbasis Aturan Produksi,” Rekursif: Jurnal Informatika, vol. 8, no. 2, Nov. 2020, doi: 10.33369/rekursif.v8i2.12874.
M. Rizki, A. Fitriansyah, and M. Narji, “Aplikasi Chatbot sebagai Layanan Live Chat untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Word Stemming dengan Regular Expression Pattern Matching,” JEIS: Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma, vol. 3, no. 2, Jul. 2023, doi: 10.56486/jeis.vol3no2.377.
T. R. Arjo and E. B. Santoso, “Pengembangan Agen Virtual Berbasis Telegram Bot pada SIMANTA Menggunakan Metode Similarity-Sentence Measurement,” Bulletin of Computer Science Research, vol. 3, no. 2, pp. 208–217, Feb. 2023, doi: 10.47065/bulletincsr.v3i2.233.
A. Rahmatulloh, A. Ginanjar, I. Darmawan, N. I. Kurniati, and E. Haerani, “Chatbot for Diagnosis of Pregnancy Disorders using Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” JOIV: International Journal on Informatics Visualization, vol. 7, no. 1, p. 77, Mar. 2023, doi: 10.30630/joiv.7.1.1595.
H. N. Irmanda, R. Astriratma, N. Chamidah, and M. M. Santoni, “Pembuat Sampiran Pantun Otomatis berbasis Pattern-matching,” Jurnal Sisfokom: Sistem Informasi dan Komputer, vol. 10, no. 3, pp. 306–311, Nov. 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1221.
M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, Apr. 2023, doi: 10.31004/jptam.v7i1.6187.
J. A. Lestari, S. Andriyanto, and Y. A. Rindri, “Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Terintegrasi WhatsApp Gateway di MA Nurul Falah,” Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 14, no. 2, pp. 99–110, Sep. 2024, doi: 10.34010/jati.v14i2.11864.
M. Ridwan, S. Am, B. Ulum, and F. Muhammad, “Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah,” Jurnal Masohi, vol. 2, no. 1, p. 42, Jul. 2021, doi: 10.36339/jmas.v2i1.427.
Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” Jurnal Ihsan: Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, Jul. 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing dalam Pembuatan Chatbot pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Jurnal Teknik, vol. 10, no. 2, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.
D. F. Ningtyas and N. Setiyawati, “Implementasi Flask Framework pada Pembangunan Aplikasi Purchasing Approval Request,” Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, vol. 1., no. 1, pp. 19-34, Apr. 2021, doi: 10.25008/janitra.v1i1.120.
N. Padillah, A. Josi, and Y. A. Rindri, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Profile Matching Berbasis Website,” Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 14, no. 2, pp. 186–200, Sep. 2024, doi: 10.34010/jati.v14i2.11863.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.