Kualitas Perpustakaan Digital Berdasarkan ISO 25010

Authors

  • Prita Dellia Universitas Trunojoyo Madura
  • Sigit Dwi Saputro Universitas Trunojoyo Madura
  • Rofik Faisal Universitas Trunojoyo Madura
  • Lailatul Rosidah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nur Wachid Hidayatulloh SMKS Sunan Ampel Menganti

DOI:

https://doi.org/10.34010/jati.v15i1.15092

Keywords:

ISO 25010, Perpustakaan Digital, SMK Darul Mustofa

Abstract

Di era digitalisasi seperti saat ini, sangat dibutuhkan aplikasi yang dapat digunakan dalam mempermudah segala hal seperti pada bidang pendidikan yang memerlukan adanya perpustakaan digital yang dapat mempermudah berbagai kalangan khususnya guru dan siswa dalam mendapat informasi dan membaca informasi terbaru dari buku. Perpustakaan digital  dapat berupa aplikasi desktop, website, dan juga android. SMK Darul Mustofa adalah salah satu SMK di Kabupaten Bangkalan yang baru saja menerapkan penggunaan perpustakaan digital berbasis website untuk membantu pengelolaan data perpustakaan dan memberikan kemudahan dalam mencari sumber bacaan secara elektronik. Namun, perpustakaan digital ini belum dievaluasi agar website yang telah dibuat dapat sesuai dengan standar ISO pada umumnya. Pendekatan kuantitatif deskriptif dipilih sebagai metode penelitian untuk melakukan evaluasi dalam melakukan pengujian kualitas dari perpustakaan digital SMK Darul Mustofa dengan model ISO 25010. Penelitian ini menghasilkan kualitas website berdasarkan 4 aspek pengujian standar internasional ISO 25010 yaitu functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Hasil pengujian pada aspek functional suitability menunjukkan bahwa perpustakaan digital dinyatakan 100% sangat baik dari semua fungsi yang disediakan. Perpustakaan digital mempunyai rata-rata kecepatan waktu respon sangat baik yaitu 1,017s pada pengujian aspek performance efficiency. Perpustakaan digital dinyatakan 100% sangat baik ketika diujikan menggunakan 3 browser berbeda pada pengujian portability. Pengujian terakhir yaitu usability, perpustakaan digital dinyatakan 95% sangat layak untuk dioperasikan di sekolah setelah dilakukan pengujian dengan 20 subjek uji coba.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

[1]
“Kualitas Perpustakaan Digital Berdasarkan ISO 25010”, JATI, vol. 15, no. 1, pp. 54–65, Mar. 2025, doi: 10.34010/jati.v15i1.15092.