PEMANFAATAN KAMERA DENGAN SENSOR APS-C PADA PENELUSURAN LAPANGAN KAWASAN RAWAN BENCANA UNTUK INFORMASI SPASIAL MITIGASI BENCANA SIGDa

  • Agus Pribadi

Abstract

Data spasial yang diaplikasikan Bappeda Kabupaten Lombok Barat pada SIGDa memerlukan pembaruan data spasial tiap tahunnya. untuk mendukung penyusunan perencanaan program pembangunan dan program kerja Pemda Kabupaten Lombok Barat. Penyusunan perencanaan program pembangunan pemerintah juga memperhatikan adanya potensi bencana alam. Pemda Kabupaten Lombok Barat memerlukan upaya pembaruan data spasial secara tahunan, penyediaan yang cepat, efisien dan biaya yang murah. Perangkat foto udara sederhana merupakan alternatif pilihan untuk keperluan survey mitigasi bencana. Citra hasil pemotretan udara dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pembaruan data spasial.

Pemanfaatan drone dan kamera bersensor APS-C pada penginderaan, dapat diaplikasikan pada pengamatan dari udara. Analisa citra foto udara membuktikan bahwa kualitas citra memenuhi kebutuhan informasi spasial. Citra foto referensi dan citra hasil pemotretan menggunakan kamera bersensor APS-C memiliki kemiripan. Pembaruan data spasial dapat didukung dengan menggunakan pemantauan udara menggunakan wahana terbang tanpa awak dan kamera dengan sensor APS-C.

Published
2019-03-01