Re-Design User Interface (UI) Aplikasi Mobile Domino’s Pizza Berdasarkan Hasil Analisis User Experience (UX)

Authors

  • Gustian Rama Putra Ilmu Komputer, Universitas Pakuan, Indonesia
  • Adrian Jaleco Forca College of Science and Technology, Guimaras State University
  • Wahyu Sardjono Departemen Manajemen Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara
  • Oktavian Nursetiaji Departemen Hasil Hutan, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.34010/jati.v15i1.13657

Keywords:

Domino’s Pizza, KISS Approach, Aplikasi Mobile, User Experiences (UX), User Interface (UI)

Abstract

Perkembangan masyarakat dalam penggunaan gadget khususnya Mobile dalam aktivitas sehari-hari di era society 5.0 saat ini, memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha jasa dan pemasaran dalam pelayanan dan pemasaran suatu produk. Domino's Pizza, salah satu brand yang menyediakan makanan dan minuman, saat ini memiliki jumlah outlet yang cukup banyak di Indonesia, dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap pelanggan Domino's Pizza, melalui observasi dan wawancara dengan pengguna aplikasi Mobile Domino's Pizza, terdapat beberapa keluhan terkait pengalaman pengguna yang kurang memuaskan. Pengguna merasa bahwa proses melihat produk dan melakukan pemesanan dalam aplikasi ini terasa kurang intuitif dan menyulitkan dibandingkan dengan aplikasi pemesanan mobile dari merek penyedia makanan dan minuman sejenis. Misalnya, beberapa pengguna mengungkapkan bahwa navigasi aplikasi tidak responsif, fitur pencarian produk sulit digunakan, dan proses checkout yang memakan waktu. Hal ini menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pelanggan, yang berdampak pada keputusan mereka untuk menggunakan kembali aplikasi tersebut dibandingkan dengan aplikasi kompetitor yang lebih user-friendly. Dengan penerapan User Experiences (UX), penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan User Interface (UI) aplikasi Mobile Domino's Pizza, dengan menggunakan pendekatan Keep it Simple, Stupid (KISS), penelitian ini menghasilkan prototipe aplikasi Mobile Domino's Pizza baru yang bertujuan untuk memberikan hal positif yang signifikan bagi Aplikasi Mobile Domino's Pizza untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan dalam berinteraksi secara online.

References

C. Holroyd, “Technological innovation and building a ‘super smart’ society: Japan’s vision of society 5.0,” Journal of Asian Public Policy, vol. 15, no. 1, pp. 18–31, Jan. 2022, doi: 10.1080/17516234.2020.1749340.

G. R. Putra, W. Sardjono, O. Nursetiaji, A. T. Putri, A. Saepulrohman, and I. W. Sriyasa, “The Role of E-Money in Sustainable Smart City Development in Bogor City Area,” Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika, vol. 19, no. 2, pp. 110–122, Jul. 2022, doi: 10.33751/komputasi.v19i2.5674.

N. I. Thohir, S. Hairunnisa, and I. Ismail, “Tantangan dan Solusi Perusahaan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Society 5.0”, Pendas, vol. 9, no. 3, pp. 221–229, Sept. 2024, doi: 10.23969/jp.v9i3.19986.

N. Mutiara, “Tom Monaghan, Sosok di Balik Domino’s Pizza yang Mendunia,” Entrepreneur Bisnis. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online]. Available: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230725/265/1677924/tom-monaghan-sosok-di-balik-dominos-pizza-yang-mendunia

Y. H. Sam, P. H. Leong, and C. F. Ku, “The Implementation of Mobile Application Ordering System to Optimize the User Experience of Food and Beverage Industry,” in 2023 IEEE 14th Control and System Graduate Research Colloquium (ICSGRC), IEEE, Aug. 2023, pp. 22–26. doi: 10.1109/ICSGRC57744.2023.10215430.

Jovie Micayas Gallera, “Developing a Commerce Solutions for Convenient Food Ordering System using Mobile Application,” International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, pp. 497–505, Jul. 2023, doi: 10.48175/IJARSCT-121170.

H. N. Rajeba, “Strategi Pemasaran Restoran Cepat Saji Domino’s Pizza Cabang Cilegon dalam Meningkatkan Penjualan,” Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara dan Hukum, vol. 1, no. 1, pp. 151–160, Jun. 2023, doi: 10.30656/senaskah.v1i1.183.

A. Berni and Y. Borgianni, “From the Definition of User Experience to A Framework to Classify its Applications in Design,” Proceedings of the Design Society, vol. 1, pp. 1627–1636, Aug. 2021, doi: 10.1017/pds.2021.424.

E. Z. Dewi, M. Fransisca, R. I. Handayani, and F. L. D. Cahyanti, “Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method,” Sinkron, vol. 7, no. 4, pp. 2329–2339, Oct. 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11505.

J. Chandra, “Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Mobil Online di PT. Bandung Era Sentra Talenta,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 6, no. 11, pp. 36–48, 2016, doi: 10.34010/jati.v6i2.568.

S. Abrahão, E. Insfran, A. Sluÿters, and J. Vanderdonckt, “Model-based intelligent user interface adaptation: challenges and future directions,” Software and Systems Modeling, vol. 20, no. 5, pp. 1335–1349, Oct. 2021, doi: 10.1007/s10270-021-00909-7.

Z. Jiang, H. Yin, Y. Luo, J. Gong, Y. Yang, and M. Lin, “Quantitative Analysis of Mobile Application User Interface Design,” in 2019 IEEE 38th International Performance Computing and Communications Conference (IPCCC), IEEE, Oct. 2019, pp. 1–8. doi: 10.1109/IPCCC47392.2019.8958722.

A. Mirza, M. D. Lusita, and D. Diana, “Design of UI/UX Applications for Mobile-Based E-Commerce Tech.An Gadgets Using the Design Method Thinking,” Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 7, no. 1, p. 58, Jun. 2023, doi: 10.52362/jisicom.v7i1.1085.

A. Hajizah, “Penerapan User Experience dalam Permodelan Sistem Informasi Keuangan,” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2024, doi: 10.58602/itsecs.v2i1.88.

M. Zidhan, Finanta Okmayura, Haana Udtari Anjani, Nur Fadilah Achmad, and Febby Wilyani, “Perancangan UI/UX pada Aplikasi Sayur Mayur Online (Samaron) Menggunakan Metode Design Thinking,” Journal of Information Systems Management and Digital Business, vol. 1, no. 2, pp. 96–106, Jan. 2024, doi: 10.59407/jismdb.v1i2.347.

Natasha Azzahra Aprillia, Hengky Anra, and Khairul Hafidh, “Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penyewaan Fasilitas Olahraga di Kota Pontianak dengan Metode User Centered Design,” Indonesian Journal of Education And Computer Science, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, Apr. 2024, doi: 10.60076/indotech.v2i1.390.

A. A. Yunanto et al., “Design and Implementation the Prayer Reminder Application using KISS Principle based on User Centered Design,” Procedia Computer Science, vol. 234, pp. 1484–1491, 2024, doi: 10.1016/j.procs.2024.03.149.

P. Laban, T. Schnabel, P. Bennett, and M. A. Hearst, “Keep It Simple: Unsupervised Simplification of Multi-Paragraph Text,” in Proceedings of the 59th Annual Meeting of the Association for Computational Linguistics and the 11th International Joint Conference on Natural Language Processing (Volume 1: Long Papers), Stroudsburg, PA, USA: Association for Computational Linguistics, 2021, pp. 6365–6378. doi: 10.18653/v1/2021.acl-long.498.

Interaction Design Foundation, “Keep It Simple, Stupid (KISS),” Interaction Design Foundation. [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/topics/keep-it-simple-stupid?srsltid=AfmBOoroaQM0vgZp7-0COWqamYK1Ubew0vSrazD5VeQzWeyzzxucloDW

L. Di Marco, A. Leone, G. Murana, and D. Pacini, “The application of the ‘KISS principle’ for the treatment of type A acute aortic dissection: is this always right?,” Journal of Thoracic Disease, vol. 10, no. S33, pp. S3884–S3886, Nov. 2018, doi: 10.21037/jtd.2018.08.132.

P. Fithri, A. Muluk, and R. H. Rayhanda, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Sistem Informasi PT. XYZ,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 280–289, Jan. 2024, doi: 10.25077/teknosi.v9i3.2023.280-289.

Y. S. Jamilah and A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi SAY.CO”, TANRA, vol. 9, no. 1, pp. 73-88, 2022, doi: 10.26858/tanra.v9i1.29458.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

[1]
“Re-Design User Interface (UI) Aplikasi Mobile Domino’s Pizza Berdasarkan Hasil Analisis User Experience (UX)”, JATI, vol. 15, no. 1, pp. 1–14, Mar. 2025, doi: 10.34010/jati.v15i1.13657.