MODEL PENERAPAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO) UNTUK OPTIMASI SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KULIAH

  • Rangga Sidik Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Mia Fitriawati Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Syahrul Mauluddin Program Studi Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia
  • Agus Nursikuwagus Program Studi Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Penjadwalan Kuliah, Algoritma Ant Colony Optimization

Abstract

Penjadwalan kuliah merupakan proses yang sangat kompleks, karena harus mengatur beberapa komponen seperti dosen, matakuliah, kelas, ruang dan waktu dengan memperhatikan sejumlah batasan dan syarat (constraint) tertentu. Dalam proses pembuatan jadwal kuliah ini setiap perguruan tinggi masing masing berbeda syarat dan batasan. Hal ini lah yang menyebabkan banyak dilakukan penelitian terkait optimasi penjadwalan kuliah. Perlunya optimasi penjadwalan kuliah dirasakan juga oleh program studi manajemen yang merupakan salah satu program studi di Universitas Komputer Indonesia dengan jumlah mahasiswa yang banyak. Dalam proses penjadwalan kuliah masih dilakukan secara konvensional sehingga sering terjadi bentrok jadwal dan prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Dalam penggambaran sistem ini menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dengan alat bantu pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan metode pengembangan sistem model prototipe sebagai acuan tahapan penelitian. Penelitian ini merupakan tahap awal dalam membangun sistem informasi penjadwalan kuliah. Hasil penelitian ini berupa model penerapan algoritma Ant Colony Optimization (ACO) untuk optimasi sistem informasi penjadwalan kuliah.

References

E. Herjanto, Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo, 2007.

P. B. Kemdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/kuliah, 2012.

Suyanto, Evolutionary Computation Komputasi Berbasis Evolusi dan Genetika. Bandung: Informatika, 2008.

H. Saragih, G. Hoendarto, B. Reza, dan D. Setiyadi, “Aplikasi Sistem Perangkat Lunak Menggunakan Algoritma Ant Untuk Mengatur Penjadwalan Kuliah,” Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 3, hal. 241–256, 2012.

S. L. B. Ginting dan H. Akbar, “Pembangunan perangkat lunak menggunakan algoritma ant colony optimization untuk optimalisasi penjadwalan kuliah,” J. Manaj. Inform., vol. 01, no. 05, hal. 1–20, 2014.

A. K. I. Triana, “Komparasi Metode Ant Colony dengan Tabu Search untuk Penjadwalan Perkuliahan,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 6, no. 3, hal. 148–156, Feb 2016.

H. Al Fatta, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan

Published
2018-09-01