PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENGGUNAKAN KONSEP PARTICIPATORY GIS DALAM MANAJEMEN TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BANDUNG

  • Nizar Rabbi Radliya Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia
  • Rauf Fauzan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia
  • Hani Irmayanti Program Studi Teknik Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Manajemen tata ruang wilayah Kabupaten Bandung telah diatur dalam bentuk Peraturan Daerah (PERDA) yakni PERDA Kabupaten Bandung Nomor 27 Tahun 2016. Saat ini belum ada fasilitas yang dapat digunakan sebagai media penyebaran informasi mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) supaya mudah diakses oleh masyarakat yang akan memanfaatkan ruang di wilayah Kabupaten Bandung. Penyebaran informasi tentang RTRW menjadi sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan wilayah oleh masyarakat. Dalam pengembangan sistem informasi geografis pada penelitian ini akan memanfaatkan konsep Participatory GIS. Penggunaan konsep Participatory GIS dilakukan berdasarkan tujuan dihasilkannya perencanaan tata ruang yang tepat guna sesuai dengan atudan yang sudah ditetapkan.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 27 Tahun 2016 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bandung Tahun 2016 – 2036.

Lambang P.S., Hengki S. 2014. Sistem Informasi Pemetaan Tata Ruang Kota Kabupaten dalam Bentuk Peta Grafis Berbasis Web. Jurnal Palimpsest. Volume 5 Nomor 1 Halaman 1-6.

Fahrul A. 2012. Kajian Tentang Integrasi “GIS Participatory-Decision Support†Dalam Manajemen Tata Ruang Suatu Wilayah. Jurnal Informatika Mulawarman. Volume 7 Nomor 1 Halaman 1-7.

Prahasta, Eddy. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar. Bandung: Informatika Bandung.

Boroushaki S. dan Malczewski J. 2010. Participatory GIS: a web-based collaborative and multicriteria decision analysis. Urisa Journal.

Subanu L. 2010. Proses dan Produk Perencanaan Tata Ruang dan Implementasinya. Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional Universitas Gadjah Mada.

Kendall, Kenneth E. dan Julie E. Kendall. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2018-09-01
How to Cite
[1]
N. Radliya, R. Fauzan, and H. Irmayanti, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENGGUNAKAN KONSEP PARTICIPATORY GIS DALAM MANAJEMEN TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BANDUNG”, JATI, vol. 8, no. 2, pp. 73-81, Sep. 2018.