Selamat datang dan terima kasih telah mendaftar di terbitan berkala ilmiah elektronik Visualita yang dikelola oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Komputer Indonesia (DKV Unikom).

Visualita menerima manuskrip secara daring. Manuskrip harus merupakan karya tulis ilmiah orisinil yang bebas plagiasi dan belum pernah dipublikasikan ataupun sedang dalam proses kajian untuk diterbitkan di mana pun. Penulis tidak perlu membayar biaya apa pun untuk menerbitkan naskahnya di Visualita versi daring. Gambar berwarna pada penerbitan daring adalah layanan yang disediakan Visualita secara gratis. Dalam hal penulis memerlukan jurnal dalam versi cetak, penulis harus menginformasikan permintaannya pada saat pengiriman naskah. Penulis agar menentukan gambar dan/atau tabel mana yang akan dicetak berwarna.

Format Manuskrip

Manuskrip agar disertai halaman identitas yang berisi judul artikel, identitas (para) penulis dan informasi permintaan jurnal cetak. Identitas (para) penulis terdiri dari nama penulis tanpa gelar akademik dan singkatan, afiliasi dan bagian/program studi institusi penulis bekerja, alamat surat elektronik (para) penulis dan informasi permintaan jurnal cetak. Penulis agar memisahkan halaman identitas pada berkas/file berbeda dan dikirimkan secara daring sebagai berkas suplemen/suplemental file. Berkas-berkas di atas dikirim dalam format Microsoft Word, OpenOffice, atau Rich Text Format/RTF.

Format manuskrip dalam penerbitan Visualita adalah struktur IMRAD. Publikasi artikel pada Visualita versi daring dan media cetak memiliki struktur bab yang terdiri dari:

1. Judul

2. Abstrak dan kata kunci (200-250 kata)

3. Pendahuluan

4. Metode

5. Hasil dan Pembahasan

6. Simpulan

7. Pernyataan Penghargaan (opsional)

8. Daftar Pustaka

Judul dan abstrak dibuat menggunakan dua (2) bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak berbahasa Inggris ditulis miring (italic typeface). Bab dan sub bab ditulis dengan menggunakan sistem numeral (1…. a …. b .... dst). Gaya penulisan sitiran dan daftar pustaka menggunakan APA Style. Jika (para) penulis mensitasi dari laman web, tautan menuju laman tersebut agar disediakan dalam bagian Daftar Pustaka. (Para) penulis agar mensitasi dari, minimal, sebuah artikel yang telah diterbitkan Visualita dalam manuskrip yang dikirimkan. Tabel diberi label nomor yang berurutan dan keterangan yang diletakan di  bagian atas tabel. Cantumkan sumber tabel di bagian bawah tabel jika  merupakan sitiran. Gambar (.png, .jpg, .tiff) diberi label nomor yang berurutan, keterangan dan sumber gambar diletakan di bagian bawah gambar. Gambar agar berkualitas minimal 300 dpi. Penggunaan gambar yang memiliki hak cipta berada di pihak dan menjadi tanggung jawab (para) penulis. Penempatan gambar dan tabel mengikuti narasi di dalam manuskrip dan tidak ditempatkan pada  akhir manuskrip.

Tata Letak Manuskrip

Ukuran kertas A4, menggunakan mirror margin dengan ukuran margin atas, bawah, dalam 4 cm, dan margin luar 3 cm, satu kolom, perataan kiri dan kanan, spasi 1, fon ukuran 11. Template lengkap dapat diunduh di sini