Tinjauan Visual Brand Identity Beberapa Brand Produk Makaroni Pedas Sebagai Acuan Perancangan Logo
DOI:
https://doi.org/10.34010/visualita.v11i02.8748Keywords:
visual communication design, visual brand identity, brand positioning, product life cycle.Abstract
ABSTRAK Visual brand identity penting dimiliki agar suatu produk dapat mudah dikenali, diingat dan dipromosikan. Untuk itu sebagai seorang desainer komunikasi visual sebelum merancang visual brand identity yang tepat maka desainer perlu mengetahui positioning produk di pasaran sehingga menjadi acuan untuk keputusan desain nantinya. Tujuan penelitian ini mengungkap cara menentukan brand positioning yang dapat dijadikan acuan desainer sebelum merancang visual brand identity, kasus secara spesifik yakni pada produk makaroni pedas yang ada di Jakarta. Dengan teori Product Life Cycle dan teori elemen desain penelitian ini dilakukan secara metode kualitatif, melihat pola-pola yang terbentuk dan kemudian mendeskripsikannya. Melalui cara pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, dan juga dokumentasi, data kemudian dikumpulkan untuk menggali informasi mengenai produk terkait sehingga kemudian dapat dilakukannya analisis data dengan menggunakan teknik analisis konten. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan adanya beberapa indikator yang dapat digunakan dalam menentukan positioning produk dalam tujuan perancangan visual brand identity. Dengan hasil tersebut bermanfaat bagi referensi mahasiswa melakukan perancangan logo dari produk yang sejenis. Setelah dilakukannya perbandingan, setiap brand memiliki keunggulannya masing- masing.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.