Tinjauan Visual Brand Identity Beberapa Brand Produk Makaroni Pedas Sebagai Acuan Perancangan Logo

  • Novena Ulita Universitas Mercu Buana

Abstract

ABSTRAK Visual brand identity penting dimiliki agar suatu produk dapat mudah dikenali, diingat dan dipromosikan. Untuk itu sebagai seorang desainer komunikasi visual sebelum merancang visual brand identity yang tepat maka desainer perlu mengetahui positioning produk di pasaran sehingga menjadi acuan untuk keputusan desain nantinya. Tujuan penelitian ini mengungkap cara menentukan brand positioning yang dapat dijadikan acuan desainer sebelum merancang visual brand identity, kasus secara spesifik yakni pada produk makaroni pedas yang ada di Jakarta. Dengan teori Product Life Cycle dan teori elemen desain penelitian ini dilakukan secara metode kualitatif, melihat pola-pola yang terbentuk dan kemudian mendeskripsikannya. Melalui cara pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, dan juga dokumentasi, data kemudian dikumpulkan untuk menggali informasi mengenai produk terkait sehingga kemudian dapat dilakukannya analisis data dengan menggunakan teknik analisis konten. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan adanya beberapa indikator yang dapat digunakan dalam menentukan positioning produk dalam tujuan perancangan visual brand identity. Dengan hasil tersebut bermanfaat bagi referensi mahasiswa melakukan perancangan logo dari produk yang sejenis. Setelah dilakukannya perbandingan, setiap brand memiliki keunggulannya masing- masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Adrhianti, L., Alfarabi, dan Yuliati. (2021). Strategi diferensiasi dan positioning brand produk umkm untuk promosi pariwisata daerah bengkulu. Jurnal publikasi mercu buana, 7, (1), 72. Diperoleh dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam/article/view/11484/4780

Alamsyah, F. (2010). Konsep siklus hidup produk hubungan adntara produk, perilaku konsumen dan persaingan. Jurnal manajemen dan bisnis (performa), 7, (1), 17. Diperoleh dari https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/6551/3466#

Gie. (10 September 2020). Siklus hidup produk: pengertian, tahapan, serta contohnya dalam bisnis. Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-siklus-hidup- produk/

Hananto, B. A. (2019). Identitas visual digital brand dalam sosial media. Proceeding institut desain dan bisnis bali, 2, 57. Diperoleh dari https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/105/87

Hananto, B. A. (2019). Perancangan identitas visual dan desain kemasan produk makanan (studi kasus: fibble). Gestalt, 1, (1), 93. Diperoleh dari http://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/21/13

Hasiholan, L. B., dan Rusmawati, Y. (2019). Strategi positioning dalam upaya membangun brand. Jurnal penelitian ipteks, 4, (2), 229. Diperoleh dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/24 60/1924

Ismitiara, M., Jonathan, R., dan Effendi, M. (2022). Pengaruh brand identity dan brand positioning terhadap pembentukan brand image dan sikap pada produk gery garuda food di samarinda. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/397983-none-779a9627.pdf

Mashita, N. C. U., Widodo, J., dan Zulianto, M. (2020). Inovasi produk kue dalam mempertahankan siklus hidup pada perusahaan amanda brownies. Jurnal pendidikan ekonomi: jurnal ilmiah ilmu pendidikan, ilmu ekonomi, dan ilmu sosial, 14, (1), 140. Diperoleh dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/11579/7243

Nasucha, M. S. (2020). Analisis daur hidup produk (product life cycle) terhadap pemasaaran di rumah makan sate ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo. Etheses, 2. Diperoleh dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/11472/1/Skripsi%20Watermark%20Upload.pdf

Sirait, F. N., dan Akbar, A. (2022). Perancangan ulang identitas visual kedai kopi monotypeuntuk membangun brand awareness dan meningkatkan citra brand terhadap konsumen. Jurnal magenta, 6, (1), 867. Diperoleh dari http://jurnal.trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/view/83/65

Ulita, N. (2019). Tinjauan Warna Pada Visual

Branding Warung Kopi Lokal. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, Volume 4, Nomor 2, Oktober , 205-223.

Wicaksono, H. (2021). Penerapan brand positioning terhadap efektifitas kunjung anggota perpustakaan: studi kasus perpustakaan khusus pertanian di indonesia. Bibliotika: jurnal kajian perpustakaan dan informasi, 5, (1), 29.

Diperoleh dari

http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/19489/8314

Widodo, S. (2018). Strategi pemasaran dalam meningkatkan siklus hidup produk (product life cycle), kajian ekonomi dan kebijakan publik, 4, (1), 86. Diperoleh dari https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546/516

Buil, I., & Sara Catalan, E. M. (2015). The importance of corporate brand identity in business management : An Application to the UK Banking Sector. BRQ Business Research Quarterly Vol. 30, 30.

Onyancha, G. K. (2013). The Impact of Bank Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty : A Case of Kenya Commercial Bank. European Journal of Business and Management, ISSN 2222-1905 Vol 5 No.21, 35-39.

Zhang, Y. (2015). The Impact of Brand Image on Consumer Behavior : A Literature Review. Open Journal of Business and Management Vol 3, 58-62.

Published
2023-05-03
How to Cite
[1]
N. Ulita, “Tinjauan Visual Brand Identity Beberapa Brand Produk Makaroni Pedas Sebagai Acuan Perancangan Logo”, Visualita, vol. 11, no. 2, pp. 196-215, May 2023.
Section
Articles