Intertekstualitas Ungu pada Produk McDonald’s Edisi BTS Meal

  • santhi kumari ISI Denpasar

Abstract

Semua aspek kehidupan manusia pasti berkaitan dengan warna, yang difungsikan untuk mengenali objek, identitas, mengkomunikasikan pesan, membangkitkan perasaan tertentu, dan pendeteksi suhu. Warna terutama pada kemasan sangat penting sebab melalui warna, perusahaan ataupun personal brand dapat berkomunikasi dan menjadi identitas yang mudah dikenali. Penerapan warna ungu pada kemasan McDonald’s edisi BTS Meal mempengaruhi persepsi seseorang dan daya jual produk McDonald’s. Warna ungu terutama oleh komunitas ARMY-BTS dimaknai secara berbeda sehingga intertekstualitas dianggap sesuai untuk menganalisis makna pada warna ungu saat ini.  Metodologi penelitian ini adalah kualitatif interpretatif, berdasarkan observasi, dokumentasi melalui google form dengan tipe pertanyaan terbuka, dan studi literatur. Temuan penelitian ini adalah warna ungu dimaknai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai warna janda atau berkabung walaupun ada yang memaknainya dengan kemewahan dan kesan misteri. Pemaknaan warna ungupun bertambah pada sistem tanda terutama dalam komunitas ARMY yang berkaitan dengan idola mereka, BTS. Potensi dari warna dapat digunakan sebagai alat marketing suatu usaha untuk mendunia dengan mempengaruhi psikologi, persepsi visual dan tindakan seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Kumparan.com) (2021) Merah, Warna yang Sangat Identik dengan Kisah Percintaan, kumparan.com. Tersedia pada: https://kumparan.com/cinta-rahasia/merah-warna-yang-sangat-identik-dengan-kisah-percintaan-1v51gGnCrhk/full (Diakses: 28 April 2023).

Angeline Reba, S. (liputan6. com. (2022) Warna Ungu Identik dengan Janda? Ini Faktanya, liputan6.com. Tersedia pada: https://www.liputan6.com/citizen6/read/5112119/warna-ungu-identik-dengan-janda-ini-faktanya (Diakses: 28 April 2023).

Chandra, G. D., Halim S., L. V. dan Yuwanto, L. (2019) “Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.7 No.2,” Calyptra, 7(2), hal. 1804–1820.

Denissa, L. et al. (2016) “Fenomena Intertekstualitas Fashion Karnaval di Nusantara,” Panggung, 26(4). doi: 10.26742/panggung.v26i4.214.

G.Pauly, Y. (GRATYO) (2021) Marketing strategy bts meal dari MCD, gratyo.com. Tersedia pada: https://gratyo.com/marketing-strategy-bts-meal-dari-mcd/ (Diakses: 28 April 2023).

Hestin, P. (sindonews. com. (2021) Dianggap sebagai Pahlawan BTS Meal, ARMY Traktir Driver Ojol, sindonews.com. Tersedia pada: https://lifestyle.sindonews.com/read/451448/185/dianggap-sebagai-pahlawan-bts-meal-army-traktir-driver-ojol-1623297996 (Diakses: 28 April 2023).

Ifianto, M., Pratomo, E. (2020) “Revolusi Desain Kemasan Ramah Lingkungan Mcdonald ’ S Untuk Bumi Yang Lebih Baik,” Seminar Nasional Envisi 2020 : Industri Kreatif, hal. 74–81.

Irwansyah (2015) Inisiasi Merek Indonesia. 1 ed. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Media, I. (2022) Arti I Purple You dan Istilah BTS yang Wajib ARMY Ketahui, IDN Times. Tersedia pada: https://www.idntimes.com/korea/kpop/seo-intern/arti-i-purple-you-dan-istilah-bts-yang-wajib-army-ketahui (Diakses: 26 Oktober 2022).

Piliang, Y. A. dan Jaelani, J. (2018) Teori Budaya Kontemporer: Penjelajahan Tanda dan Makna. 1 ed. Diedit oleh U. Rahmah. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Rianti (2022) BTS Comeback! Begini Kisah Perjalanan Karier Mereka dari Awal Debut hingga Jadi Idola Dunia, theAsianparent. Tersedia pada: https://id.theasianparent.com/perjalanan-karier-bts#:~:text=BTS meraih kesuksesan dengan susah,ini kini memperoleh kesuksesan besar (Diakses: 26 Oktober 2022).

Rustan, S. (2019a) Warna. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Rustan, S. (2019b) Warni. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Sibarani, K., Rokhmawati, R. I. dan Az-zahra, H. M. (2019) “Analisis Warna Pada E-Commerce Terhadap Brand Awareness,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(1), hal. 442–446.

Sobur, A. (2009) Semiotika Komunikasi. 4 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tao, R. (2018) “‘Cool Japan’ as the Next Future of Post-industrial Japan?,” hal. 1–14. doi: 10.2307/3183487.4.

Wicaksono Adhi (CNN Indonesia) (2021) Kemasan BTS Meal Mulai Dijual Online di RI Harga Ratusan Ribu, CNN Indonesia. Tersedia pada: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210609150022-192-652239/kemasan-bts-meal-mulai-dijual-online-di-ri-harga-ratusan-ribu (Diakses: 28 April 2023).

Published
2023-05-03
How to Cite
[1]
santhi kumari, “Intertekstualitas Ungu pada Produk McDonald’s Edisi BTS Meal”, Visualita, vol. 11, no. 2, p. 12, May 2023.
Section
Articles