ANALISIS VISUAL KARAKTER ARJUNA DALAM GAME FATE

  • Ahmad Nurzaeni Fauzi

Abstract

ABSTRAK Game Fate/Grand Order merupakan salah satu game yang memiliki   gameplay strategy seperti game kartu yang cara bermainnya bergantian sesi antara player dan enemy  pada suatu daerah dan cerita yang dimiliki oleh karakter berupa pahlawan pada masa dan daerahnya tersebut. Dalam game tersebut pahlawan akan disebut sebagai Servant atau pahlawan yang akan dikoleksi menjadi berbagai macam karakter sehingga memiliki lebih dari 1000 cerita yang tersedia. Dalam penelitian ini menganalisis visual karakter dalam game Fate/Grand Order yaitu Arjuna. Permasalahannya pada penelitian ini adalah bagaimana ciri-ciri fisik dan pemaknaan visual karakter Arjuna yang terdapat dalam game Fate/Grand Order.     Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif, Teknik pengolahan identifikasi data secara visual dengan wayang orang dalam cerita mahabharata, teknik analisis data deskriptif menggunakan semiotika. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa ciri fisik Arjuna terinspirasi dari tokoh legendaris Arjuna dalam cerita India Mahabharata. Karakter Arjuna dalam Game Fate/Grand Order dapat mencitrakan Arjuna yang tenang, berwibawa, dan dapat mensupport rekan-rekan seperjuangan karena terlihat dari pakaian yang bertarung pada garis belakang dan panah. Karakter Arjuna dapat membuat sebuah cerita rakyat dapat dilestarikan dalam Game agar cerita rakyat tidak dilupakan dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Jurnal :

Koesoemadinata, M. I. P., & Aditya, D. K. (2016). Visualizations of Wayang Characters In Comics (Case Study: Bima and Arjuna Characters in The Arts of Ardisoma, Teguh Santosa and Is Yuniarto). Bandung Creative Movement (BCM), 3(1).

Latifah, U., & Kristiana, N. (2021). ANALISIS VISUAL KARAKTER GATOTKACA DALAM GAME MOBILE LEGENDS BANG BANG.

Rina, R. C., Adriati, I., & Irfansyah, I. (2017, October). Keanekaragaman Visualisasi Tokoh Arjuna dalam Media. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2017 (pp. 44-49). State University of Surabaya.

Septiana, R., KALANGI, L. M., & TIMBOELENG, D. R. (2019). Makna Denotasi, Konotasi dan Mitos Dalam Film Who Am I Kein System Ist Sicher (Suatu Analisis Semiotik). JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 1(2).

Sunarto, W. (2013). Transformasi Visual Tokoh Mahabharata dalam Sejarah Komik Indonesia. Panggung, 23(1).

Website :

Ramadhanti, (2021). Pakaian Tradisonal India. Retrieved from pinhomr.id : https://www.pinhome.id/blog/pakaian-tradisional-india/

Fitiline, (2019). Tak Hanya Sari, Berikut 13 Jenis Pakaian Tradisional India Yang Mungkin Kamu Belum Tahu. Retrieved from fitiline.com : https://fitinline.com/article/read/tak-hanya-sari-berikut-13-jenis-pakaian-tradisional-india-yang-mungkin-kamu-belum-tahu/

Published
2022-04-23
How to Cite
[1]
A. Fauzi, “ANALISIS VISUAL KARAKTER ARJUNA DALAM GAME FATE”, Visualita, vol. 10, no. 02, p. 11, Apr. 2022.
Section
Articles