PERBANDINGAN VISUAL FOTO PADA KEMASAN INDOMIE VARIAN MI GORENG TAHUN 2006 DAN 2010
DOI:
https://doi.org/10.34010/visualita.v10i1.5600Keywords:
Foto, Indomie, Kemasan, Persepsi.Abstract
Kemasan digunakan untuk melindungi produk dan dimanfaatkan sebagai media persuasi, seperti pada kemasan makanan yang memiliki ilustrasi penggugah selera. Kemasan Indomie varian Mi Goreng tampil dengan ilustrasi foto makanan. Hal ini terlihat baik pada kemasan versi tahun 2006 dan 2010 yang bertujuan untuk menampilkan kesan rasa sedap. Walaupun kedua kemasan tersebut menggunakan teknik fotografi dalam ilustrasi makanan, namun terlihat perbedaan signifikan terhadap foto makanan pada kemasan Indomie varian Mi Goreng tahun 2006 dan 2010. Hal ini menjadi hal yang penting untuk dikaji sehingga dapat diketahui bagaimana Indomie sebagai sebuah perusahaan besar mempersuasi konsumen melalui perubahan foto pada kemasannya. Foto pada kemasan Indomie varian Mi Goreng tahun 2006 dan 2010 dikomparasikan untuk menemukan unsur apa saja yang berubah dan bagaimana perbedaannya secara sudut pandang ilmu fotografi dan persepsi masyarakat. Teori yang digunakan yaitu teori food phototgraphy dari Lou Manna yang menganalisis foto makanan melalui unsur food styling, prop styling, komposisi, dan pencahayaan. Hasil dari penelitian berupa kesimpulan tentang foto manakah yang paling menggugah selera menurut teori Lou Manna dan persepsi masyarakat serta relevansinya. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan penelitian lanjutan atau rujukan bagi para fotografer dalam membuat suatu karya foto makanan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.