PERBANDINGAN VISUAL FOTO PADA KEMASAN INDOMIE VARIAN MI GORENG TAHUN 2006 DAN 2010

  • Wantoro Wantoro

Abstract

Kemasan digunakan untuk melindungi produk dan dimanfaatkan sebagai media persuasi, seperti pada kemasan makanan yang memiliki ilustrasi penggugah selera. Kemasan Indomie varian Mi Goreng tampil dengan ilustrasi foto makanan. Hal ini terlihat baik pada kemasan versi tahun 2006 dan 2010 yang bertujuan untuk menampilkan kesan rasa sedap. Walaupun kedua kemasan tersebut menggunakan teknik fotografi dalam ilustrasi makanan, namun terlihat perbedaan signifikan terhadap foto makanan pada kemasan Indomie varian Mi Goreng tahun 2006 dan 2010. Hal ini menjadi hal yang penting untuk dikaji sehingga dapat diketahui bagaimana Indomie sebagai sebuah perusahaan besar mempersuasi konsumen melalui perubahan foto pada kemasannya. Foto pada kemasan Indomie varian Mi Goreng tahun 2006 dan 2010 dikomparasikan untuk menemukan unsur apa saja yang berubah dan bagaimana perbedaannya secara sudut pandang ilmu fotografi dan persepsi masyarakat. Teori yang digunakan yaitu teori food phototgraphy dari Lou Manna yang menganalisis foto makanan melalui unsur food styling, prop styling, komposisi, dan pencahayaan. Hasil dari penelitian berupa kesimpulan tentang foto manakah yang paling menggugah selera menurut teori Lou Manna dan persepsi masyarakat serta relevansinya. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan penelitian lanjutan atau rujukan bagi para fotografer dalam membuat suatu karya foto makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Shifana. (2017). Komparasi Visual Food Photography pada Kemasan Indomie Varian Mi Goreng Tahun 2006 dan 2010 Melalui Analisis Visual dan Persepsi Masyarakat. Bandung: UNIKOM.
Anggraini S., Lia.,& Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Boggs, Joseph M. dan Petrie, Dennis W. (2008). The Art of Watching Films. New York: McGraw-Hill.
Creswell, John W. (2011). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harsanto, Prayanto Widyo. (2016). Retorika Visual Fotografi Pada Iklan.Yogyakarta: PT Kanisius.
Indomie. (2011). Sejarah Indomie. http://Indomie.com [Oktober 2016]
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2006). Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Manna, Lou.,& Moss, Bill. (2005). Digital Food Photography. Boston: Thomson Course Technology.
Rustan, S., (2008). Layout: Dasar & Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhairi, Yudi. (2015). Tata Cahaya. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. [5 Desember 2015]
Published
2021-10-31
How to Cite
[1]
W. Wantoro, “PERBANDINGAN VISUAL FOTO PADA KEMASAN INDOMIE VARIAN MI GORENG TAHUN 2006 DAN 2010”, Visualita, vol. 10, no. 1, p. 14, Oct. 2021.
Section
Articles