SUSTAINABLE PACKAGING DESIGN (STUDI KASUS PENGUKURAN PERSEPSI DESAIN KEMASAN PRODUK JAMU HOUSEBLEND SUWE ORA JAMU)

Authors

  • Rahmiati Aulia Telkom University
  • Wahyu Ramandha Putro Magister Desain, Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.34010/visualita.v9i2.3781

Keywords:

packaging design, perception, jamu kekinian, Jakarta

Abstract

ABSTRAK. Berkembangnya industri jamu dari sektor UMKM di pulau Jawa disebabkan
oleh gaya hidup sehat masyarakat yang semakin meningkat. Fenomena ini termanifestasi
menjadi sebuah produk jamu tradisional dengan format baru yang didukung oleh desain
kemasan yang baik. Kini jamu ini populer dengan istilah Jamu Kekinian. Jamu Houseblend
SOJ adalah salah satu produk Jamu Kekinian dari Kedai Suwe Ora Jamu yang menjadi
pioner dalam memperkenalkan kembali budaya minum jamu kepada generasi millenials
sejak tahun 2013 di Jakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana kemudian
produk Jamu Houseblend SOJ dipersepsi konsumennya melalui kuesioner. Metode analisis
yang akan digunakan adalah studi literatur, wawancara dan penyebaran kuesioner. Melalui
penelitian ini diketahui bahwa kombinasi warna pada desain kemasan adalah hal yang
perlu diperhatikan oleh perusahaan Kedai Suwe Ora Jamu. Hasil temuan ini diharapkan
dapat menjadi tolak ukur bagi perusahaan Jamu Kekinian dalam pengembangan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“SUSTAINABLE PACKAGING DESIGN (STUDI KASUS PENGUKURAN PERSEPSI DESAIN KEMASAN PRODUK JAMU HOUSEBLEND SUWE ORA JAMU)”, Visualita, vol. 9, no. 2, p. 15, Apr. 2021, doi: 10.34010/visualita.v9i2.3781.