SUSTAINABLE PACKAGING DESIGN (STUDI KASUS PENGUKURAN PERSEPSI DESAIN KEMASAN PRODUK JAMU HOUSEBLEND SUWE ORA JAMU)

  • Rahmiati Aulia Telkom University
  • Wahyu Ramandha Putro Magister Desain, Universitas Trisakti
Keywords: packaging design, perception, jamu kekinian, Jakarta

Abstract

ABSTRAK. Berkembangnya industri jamu dari sektor UMKM di pulau Jawa disebabkan
oleh gaya hidup sehat masyarakat yang semakin meningkat. Fenomena ini termanifestasi
menjadi sebuah produk jamu tradisional dengan format baru yang didukung oleh desain
kemasan yang baik. Kini jamu ini populer dengan istilah Jamu Kekinian. Jamu Houseblend
SOJ adalah salah satu produk Jamu Kekinian dari Kedai Suwe Ora Jamu yang menjadi
pioner dalam memperkenalkan kembali budaya minum jamu kepada generasi millenials
sejak tahun 2013 di Jakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana kemudian
produk Jamu Houseblend SOJ dipersepsi konsumennya melalui kuesioner. Metode analisis
yang akan digunakan adalah studi literatur, wawancara dan penyebaran kuesioner. Melalui
penelitian ini diketahui bahwa kombinasi warna pada desain kemasan adalah hal yang
perlu diperhatikan oleh perusahaan Kedai Suwe Ora Jamu. Hasil temuan ini diharapkan
dapat menjadi tolak ukur bagi perusahaan Jamu Kekinian dalam pengembangan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi; Sebuah Kajian

Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan. In Journal of Chemical

Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Andriati, A., & Wahjudi, R. M. T. (2016). Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai

alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan

atas. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik.

https://doi.org/10.20473/mkp.v29i32016.133-145

Bella, A. (2018). Milenial dan Tren Gaya Hidup Sehat. https://marketeers.com/milenialdan-

tren-gaya-hidup-sehat/ diakses

BPOM RI. (2018). BPOM Hari ini 2018.

https://pom.go.id/new/view/more/pers/406/Siaran-Pers-- Jamu-Sebagai-Warisan-

Budaya-Bangsa-Dan--Penggerak-Perekonomian- Indonesia.Html

Dameria, A. (2014). Packaging Handbook: Where Creative Ideas Become Reality. Link &

Match Graphic.

Dunsford, A. (2013). Product Name VS Packaging Design: Which is more important?

Thoughts from AJD Creative. http://ajdcreative.com.au/thoughts/product-namevspackaging-

design-which-is-more-important#.VsNZNeZNj5c

Gumulya, D., & Onggo, T. A. (2016). Penelitian Persepsi Kemasan Produk Skin Care

Wanita dengan Pendekatan Teori Semantik. Journal of Visual Art and Design.

https://doi.org/10.5614/j.vad.2016.8.2.4

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging Desing. Successful Product

Branding from Concept to Shelf, John Wiley&Sons. In Inc., New Jersey.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 006. (2012). Industri dan Obat

Tradisional. Mentri Kesehatan Republik Indonesia.

Prathama, N. Y., & Setianto, D. (2016). ANALISIS ELEMEN VISUAL KEMASAN

CHIKI SNACK. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain.

https://doi.org/10.25105/dim.v12i2.42

Sadalia, I., Pendampingan, A., Kapasitas, D. P., Kualitas, D., Jamu…, P., Dan, P.,

Kapasitas, P., Hasibuan, B. K., & Sumatri, B. (2017). Produksi Jamu Yang Berbasis

Green System. 2(1), 6–11. http://jurnal.usu.ac.id/abdimas

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi

dan R&D). In Metodelogi Penelitian.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Merek. Andi Offset.

Published
2021-04-26
How to Cite
[1]
R. Aulia and W. Putro, “SUSTAINABLE PACKAGING DESIGN (STUDI KASUS PENGUKURAN PERSEPSI DESAIN KEMASAN PRODUK JAMU HOUSEBLEND SUWE ORA JAMU)”, Visualita, vol. 9, no. 2, p. 15, Apr. 2021.
Section
Articles