MOTION GRAPHIC PENCEGAHAN PERILAKU MENYONTEK BAGI SISWA PADA PERGURUAN SMK PANCA BUDI MEDAN MELALUI PERANCANGAN MOTION GRAPHIC
DOI:
https://doi.org/10.34010/visualita.v9i2.3649Keywords:
Iklan Layanan Masyarakat, Menyontek, Motion graphicAbstract
Abstrak. Perguruan Panca Budi merupakan salah satu tempat pendidikan swasta
yang ada di kota Medan. Perguruan Panca Budi memiliki jenjang pendidikan
mulai dari yang tingkat paling dasar yaitu taman kanak-kanak hingga ke tingkat
perguruan tinggi. Melihat perkembangan teknologi dan perilaku siswa yang
semakin berkembang, menyontek sepertinya pada saat ini telah menjadi kebiasaan
pada dunia pendidikan, mulai dari siswa Sekolah Dasar sampai ke mahasiswa.
Cara menyonteknya juga dari dahulu sampai sekarang semakin unik bahkan
canggih. Kalau pada zaman duhulu contekan hanya ditulis pada selembar kertas
kecil atau mencoretnya di atas meja, sekarang mencontek cukup hanya dengan
browsing di internet. Melihat kondisi tersebut, pentingnya sosialisai tentang
menyontek dan dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan menyontek,
sehingga dapat mengurangi kebiasaan berperilaku menyontek tersebut. Tahapan
penelitian ini di awali dengan riset untuk melihat kondisi dan keadaan yang ada
pada perguruan SMK Panca Budi, kemudian menentukan media yang sesuai
untuk permasalahan ini, setelah itu mulai ke proses pembuatan desain. Sosialisasi
tentang menyontek ini dibuat dalam bentuk iklan layanan masyarakat dengan
media motion graphic, media ini di pilih karena melihat kondisi para siswa
sekarang lebih menyukai sajian informasi yang berbentuk video animasi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.