PENYATUAN MANUSIA & TEKNOLOGI APLIKASI 3D (KATALOG VIRTUAL 3D)
PDF

How to Cite

Albar, D. (2010). PENYATUAN MANUSIA & TEKNOLOGI APLIKASI 3D (KATALOG VIRTUAL 3D). VISUALITA Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 2(2). https://doi.org/10.33375/vslt.v2i2.1113

Abstract

Interaksi antara manusia dan katalog komoditas merupakan suatu hal
yang sangat berperan dalam mempengaruhi tingkah laku manusia dalam
mengkonsumsi komoditas. Dengan adanya kebutuhan yang menentukan tingkah laku untuk membeli suatu komoditas, maka dibutuhkan suatu katalog yang mampu membuat manusia seperti seolah-olah merasa ada di tempat perbelanjaan sehingga kebutuhan ‘sense’ akan suatu komoditas benar-benar terwakili kehadirannya. Adanya tuntutan emosi yang harus terpenuhi dalam suatu katalog, memunculkan isu bahwa katalog konvensional tidak lagi efektif dalam merepresentasikan suatu komoditas. Wacana dalam memenuhi kepuasan hidupnya, manusia berusaha menciptakansuat u kondisi ideal dalam berbagai hal, salah satunya dalam mendapatkan kepuasan informasi komoditas dari suatu katalog. Munculnya wacana / diskursus mengenai katalog masa depan (3D) menjadikan suatu wacana yang berkembang dalam dunia desain. Aplikasi interaktif virtual 3D mampu menghadirkan komoditas pada konsumen dengan lebih baik, secara intuitif konsumen mampu memantau, belajar dan mengumpulkan data komoditas seperti berjalan di pusat perbelanjaan. Adanya dukungan perkembangan teknologi baik material, energi, alat dan teknik mendorong realisasi katalog yang mampu memenuhi kebutuhan manusia.


Kata kunci: manusia, teknologi, katalog, 3D.

https://doi.org/10.33375/vslt.v2i2.1113
PDF

References

Greene, Rachel. 2004. Internet Art. New York: Thames & Hudson, Inc.

Hsu, Hung-Pin. 2009. The Application of 3D Interactive Software on Virtual

Catalogue Design. IASDR®2009 [CD]. Hsinchu: National Chiao Tung

University.

Lim, Francis. 2008. Filsafat Teknologi: Don Ihde Tentang Dunia, Manusia, dan

Alat. Yogyakarta: Kanisius.

Packer, Randal. et al. 2001. Multimedia: From Wagner to Virtual Reality. New

York: Norton & Company Ltd.

Zeltzer, David. 2009. Virtual Reality. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond,

WA: Microsoft Corporation, 2008. [20/03/2010].

Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.