PLAGIARISME DALAM PEMBUATAN PERIKLANAN TELEVISI DI INDONESIA

Noor Hasyim, Abi Senoprabowo

Abstract


Televisi dianggap sebagai media iklan paling berpengaruh dan mampu
menjangkau luasnya spektrum konsumen. Televisi memungkinkan tiga kekuatan generator makna yang berkolaborasi membentuk sistem pertandaan, yakni narasi, audio dan visual. Di era globalisasi ini perusahan dituntut membuat iklan yang lebih dari biasa. Tuntutan ini membuat biro iklan memciptakan iklan yang terkadang membingungkan konsumen. Untuk menengahi kebutuhan konsumen dan kreativitas pada pembuat iklan Dewan Periklanan Indonesia membuat tata cara periklanan yang disebut EPI. Walaupun EPI telah dibuat ternyata periklanan di Indonesia masih banyak yang melanggar etika periklanan tersebut. Salah satunya adalah kasus peniruan atau plagiarisme.


Kata Kunci : Iklan, Televisi, Etika Iklan.


Full Text:

PDF

References


Banindro , Baskoro. 2002. Wacana Hak-Hak atas Kekayaan Intelektual dalam Penciptaan Karya Desain Grafis. Jurusan Desain Komunikasi Visual,

Fakultas Seni dan Desain – Universitas Kristen Petra. Nirmana Vol. 4,

No. 2, Juli 2002: 118 - 130.

Darmawan, Ferry dan Saefuddin. 2005. Desain dan Kasus Pembajakan Karya Intelektual di Indonesia. Mediator, Vol. 6 No. 2 Desember 2005. Hal

-246.

Dewan Periklanan Indonesia. 2007. Etika Pariwara Indonesia: Tata krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia. Jakarta: Dewan Pers DPI.

Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Lindsey, Timothy DKK. 2002. Hak Kekayaan Intelektual Suatu Pengantar.

Bandung: PT. Alumni.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). 2013. Laporan Kasus Badan Pengawas Periklanan (BPP) P3I 2009 - 2013 (s/d Februari 2013).

Pusat HKI UII. Pelanggaran Hak Cipta atas Karya Tulis Ilmiah.

Http://pusathki.uii.ac.id/konsultasi/konsultasi/pelanggaran-hak-ciptaatas-karya-tulis-ilmiah.html. Diakses pada 28 Maret 2013.

Tim Redaksi. 2008. Undang-Undang Hak Atas Kekayaan Intelektual. Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                         

 


Flag Counter