IMERSIFITAS GAME UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH

Abi Senoprabowo, Noor Hasyim

Abstract


Pendidikan sejarah saat ini sangat kering dan membosankan. Siswa didik hanya belajar melalui buku dengan cara menghafalkan nama dan kapan peristiwa tersebut terjadi. Hal ini membuat generasi muda jenuh belajar sejarah. Belajar sambil bermain menjadi terobosan dalam sistem belajar. Dalam mendidik siswa, dapat digunakan sistem pembelajaran berbasis pengalaman. Game adalah salah satu media interaktif yang menjadi solusi belajar sambil bermain. Salah satu faktor penting dalam game bersifat imersif, dapat membuat pemain seakan akan larut didalam game dan tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya. Sifat imersif juga dapat mempengaruhi penerimaan pemain terhadap isi dan pesan dari game. Imersifitas membuat pemain dapat seolah-olah menjadi bagian dalam
peristiwa dalam game. Game memberikan pengalaman pada pemain game, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran sejarah. Tulisan ini akan membahas pemanfaatan imersifitas game dalam pembelajaran sejarah melalui studi kasus pada Game Samurai Warriors.
Kata Kunci: Imersifitas, Game, Pendidikan Sejarah

Full Text:

PDF

References


Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung. (2008). Workshop

Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan: Penulisan Karya Ilmiah dan

Perekaman Data, materi workshop, Bandung, 12-14 Februari 2008.

Chin, Elliott & Cohen, Mark (2004). Prima Official Game Guide: Samurai

Warriors. Roseville: Prima Games.

Hamid, S. Hasan. (2010). Pendidikan Sejarah: Kemana dan Bagaimana?. Jurnal Pendidikan Sejarah-AGSI, 1, 6-10.

Jenkins, David. (2004). CESA Game Awards 2004 Announced. Diunduh dari

Gamasutra website: http://www.gamasutra.com/view/news/95442/CESA_

Game_Awards _2004_Announced.php.

Moody, M. Kyle J. (2005). Samurai Warriors: A Historical and Cultural

Evaluation A Ninth and Tenth Grade English Language Arts Unit

Prepared for the 2005 NCTA Southern California Fall Session. Diunduh

dari UCLA International Institute website: http://www.international.ucla.

edu/asia-archive/lessons/moody/moody.pdf.

Negroponte, Nicholas. (1998). Being Digital: Menyiasati Hidup Dalam

Cengkraman Sistem Komputer. Terj. Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan.

Newman, James. (2004). Video Games. London: Routledge.

Schell, Jesse. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. Burlington: Morgan Kaufmann.

Slater, Stuart. (2002). Enhancing The Immersive Experience. School of

Computing, Wolverhampton University.

Sweetser, Penelope & Wyeth, Peta. (2005). GameFlow: a model for evaluating player enjoyment in games. Computers in Entertainment, 3(3), 1-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                              

                       


Flag Counter 

 

Creative Commons License
VISUALITA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.