DESAIN VERNAKULER PADA MEDIA KEMASAN TEH SEDUH

  • Adityo B Hardoyo
Keywords: Teh, Desain Vernakular, Kemasan, Merek, Ilustrasi.

Abstract

Teh adalah salah satu minuman yang banyak digemari di dunia, dihasilkan dari seduhan daun teh yang dikeringkan dengan menggunakan air mendidih. Tanaman teh pertama kali datang ke Indonesia tahun 1684, dibawa dari Jepang oleh Andreas Cleyer. Tanaman teh tumbuh baik bada ketinggian sekitar 2.000 meter, di Indonesia perkebunan teh terdapat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Adanya peniruan budaya asing yang digabungkan dengan budaya lokal oleh kelompok atau individu menghasilkan desain vernakular pada kemasan teh. Riset ini dibagi menjadi tiga kelompok ilustrasi atau ikon pada kemasan teh berdasarkan pendekatan visual, kelompok satu berdasarkan benda keseharian, kelompok dua berdasarkan manusia, dan kelompok tiga adalah ikon heraldik. Dari ilustrasi kemasan dapat menjelaskan gaya berbusana, gaya arsitektur, dan keadaan sosial ekonomi pada saat itu. Kebanyakan desain kemasan teh menggunakan warna merah dan hijau, warna tersebut dianggap menarik, bermakna harapan dan keberuntungan, juga warna dari daun teh itu sendiri. Huruf bergaya San Serif banyak digunakan karena karakteristiknya yang kuat dan bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dabner, David. 2004. Graphic Design School. London: Thames & Hudson.

Darmaprawira, Sulasmi. 2002. Warna. Bandung: Penerbit ITB.

Enchols, John, M dan Shadily, Hassan. 1981. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.

Klimchuck, Marianne, R. and Krasovec, Sandra, A. 2007. Desain Kemasan. Terj. Sabran Bob. Jakarta: Penerbit Erlangga.

R, Kusmiati. dkk. 1999. Teori Dasar Disain Komunikasi Visual. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Sujudi, Imam. 2005. Representasi Bahasa Visual Indonesia dalam Desain Kemasan Rokok Kretek, Purapura Jurnal Desain Komunikasi Visual #2. Bandung: Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB.

Tabrani, Primadi. 2009. Bahasa Rupa. Bandung: Kelir.

Vivanco, E, Duran and Verghese, George. 2010. Vernacular Design: Moving Toward a Symbiotic Relationship Between Local and Global Commoditization. Faculty of Design, Architecture and Building, University of Technology Sydney.

Majalah Concept, Mengemas Kemasan, Vol 03 Edisi 18 2007. Jakarta: PT Concept Media

Foto-foto: dok. Pribadi.

Published
2013-08-02
How to Cite
[1]
A. Hardoyo, “DESAIN VERNAKULER PADA MEDIA KEMASAN TEH SEDUH”, Visualita, vol. 5, no. 1, Aug. 2013.
Section
Articles