DESAIN VERNAKULER PADA MEDIA KEMASAN TEH SEDUH
PDF

Keywords

Teh
Desain Vernakular
Kemasan
Merek
Ilustrasi.

How to Cite

Hardoyo, A. (2013). DESAIN VERNAKULER PADA MEDIA KEMASAN TEH SEDUH. VISUALITA Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 5(1). https://doi.org/10.33375/vslt.v5i1.1100

Abstract

Teh adalah salah satu minuman yang banyak digemari di dunia, dihasilkan dari seduhan daun teh yang dikeringkan dengan menggunakan air mendidih. Tanaman teh pertama kali datang ke Indonesia tahun 1684, dibawa dari Jepang oleh Andreas Cleyer. Tanaman teh tumbuh baik bada ketinggian sekitar 2.000 meter, di Indonesia perkebunan teh terdapat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Adanya peniruan budaya asing yang digabungkan dengan budaya lokal oleh kelompok atau individu menghasilkan desain vernakular pada kemasan teh. Riset ini dibagi menjadi tiga kelompok ilustrasi atau ikon pada kemasan teh berdasarkan pendekatan visual, kelompok satu berdasarkan benda keseharian, kelompok dua berdasarkan manusia, dan kelompok tiga adalah ikon heraldik. Dari ilustrasi kemasan dapat menjelaskan gaya berbusana, gaya arsitektur, dan keadaan sosial ekonomi pada saat itu. Kebanyakan desain kemasan teh menggunakan warna merah dan hijau, warna tersebut dianggap menarik, bermakna harapan dan keberuntungan, juga warna dari daun teh itu sendiri. Huruf bergaya San Serif banyak digunakan karena karakteristiknya yang kuat dan bersih.
https://doi.org/10.33375/vslt.v5i1.1100
PDF

References

Dabner, David. 2004. Graphic Design School. London: Thames & Hudson.

Darmaprawira, Sulasmi. 2002. Warna. Bandung: Penerbit ITB.

Enchols, John, M dan Shadily, Hassan. 1981. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.

Klimchuck, Marianne, R. and Krasovec, Sandra, A. 2007. Desain Kemasan. Terj. Sabran Bob. Jakarta: Penerbit Erlangga.

R, Kusmiati. dkk. 1999. Teori Dasar Disain Komunikasi Visual. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Sujudi, Imam. 2005. Representasi Bahasa Visual Indonesia dalam Desain Kemasan Rokok Kretek, Purapura Jurnal Desain Komunikasi Visual #2. Bandung: Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB.

Tabrani, Primadi. 2009. Bahasa Rupa. Bandung: Kelir.

Vivanco, E, Duran and Verghese, George. 2010. Vernacular Design: Moving Toward a Symbiotic Relationship Between Local and Global Commoditization. Faculty of Design, Architecture and Building, University of Technology Sydney.

Majalah Concept, Mengemas Kemasan, Vol 03 Edisi 18 2007. Jakarta: PT Concept Media

Foto-foto: dok. Pribadi.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.