AKULTURASI BUDAYA DALAM IKLAN PERTELEVISIAN
PDF

How to Cite

Iskandar, M. (2010). AKULTURASI BUDAYA DALAM IKLAN PERTELEVISIAN. VISUALITA Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 2(1). https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1093

Abstract

Iklan televisi merupakan media komunikasi masa yang dapat menampilkan tata ruang (visual), tata rungu (audio), serta gerak (motion) secara bersamaan. Sehingga melalui iklan televisi, memungkinkan para pengiklan dapat menampilkan berbagai kreativitas dalam  memperkenalkan suatu produk terhadap masyarakat. Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah mengenai iklan minuman ringan Coca-cola (yang merupakan produk global), hadir dalam tayangan televisi di Indonesia dengan menampilkan muatan-muatan local (local content). Dalam iklan Coca-cola tersebut terdapat adanya bentuk akulturasi budaya, yang ditampilkan melalui penggunaan kostum, genre, dan bahasa. Mellui teknik pengambilan gambar yang diterapkan, dapat memaksimalkan fungsi endorser sebagai pembawa pesan dalam iklan televisi dan mendukung karakter lokalitas tokoh yang ditampilkan.
Kata Kunci : Akulturasi, Budaya, Iklan TV
https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1093
PDF

References

Alawi Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2002.

Aribowo, Sejarah Dangdut, http://www.kompascybermedia, 2002, di akses

tanggal 18/05/2005.

Baksin Askurifai, Membuat Film Indie Itu Gampang, Katarsis, Bandung,

Boggs M. Joseph, Cara Menilai Sebuah film (The Art of Watching Film),

Yayasan Citra, Jakarta, 1986.

Brannan Tom, Integrated Marketing Communication, PPM, Jakarta, 2004.

Budiman Kris, Semiotika Visual, Buku Baik, Yogyakarta, 2004.

Durianto Darmadi dkk., Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Isfiaty Tiara, Perubahan Fungsi Benda-Benda Tradisional dalam Interior

Rumah Masyarakat Perkotaan, Bandung, 2002.

Jefkins Frank, Periklanan (Advertising), Erlangga, 1997.

Koetjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Rineka Cipta, Jakarta, 1990.

Kumar Vijaya, Body Language, Buana Ilmu Populer, Jakarta, 2002.

Kusmiati R. Artini dkk, Teori Dasar Desain Komunikasi Visual, Djambatan,

Jakarta, 1999.

Liliweri Alo, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, Citra Aditya Bakti,

Bandung, 1992.

Liliweri Alo, Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya, LKiS,

Yogjakarta, 2003.

Margianto Heru, Naik Kereta Rasa Soda, http://www.kompascybermedia,

, di akses tanggal 26/05/2005.

Masli. RTS, Cakap Kecap, PPPI, Jakarta, 2004

Santosa Sigit, Advertising Guide Book, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Staruss A. & Corbin J., Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar,

Yogyakarta, 2003.

Sulaksana Uyung, Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar,

Yogyakarta, 2003.

Sumartono, Terperangkap dalam Iklan, Alfabeta, Bandung, 2002.

Wahyu Meindarti dkk, Kampanye Iklan ’04, dalam Majalah Cakram, hal.

-23, Maret, 2005.

________ , Coca-Cola, http://www.coca-colabottlingindonesia, di akses

tanggal 26/05/2005.

_________, Orang Jawa, http://www.jawaplace.org, 2003, di akses tanggal

/05/2005.

_________, Komunitas Sunda, http://www.Sunda.Net.com, 2002, di akses

tanggal 18/05/2005.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.