AKULTURASI BUDAYA DALAM IKLAN PERTELEVISIAN
DOI:
https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1093Abstract
Iklan televisi merupakan media komunikasi masa yang dapat menampilkan tata ruang (visual), tata rungu (audio), serta gerak (motion) secara bersamaan. Sehingga melalui iklan televisi, memungkinkan para pengiklan dapat menampilkan berbagai kreativitas dalam memperkenalkan suatu produk terhadap masyarakat. Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah mengenai iklan minuman ringan Coca-cola (yang merupakan produk global), hadir dalam tayangan televisi di Indonesia dengan menampilkan muatan-muatan local (local content). Dalam iklan Coca-cola tersebut terdapat adanya bentuk akulturasi budaya, yang ditampilkan melalui penggunaan kostum, genre, dan bahasa. Mellui teknik pengambilan gambar yang diterapkan, dapat memaksimalkan fungsi endorser sebagai pembawa pesan dalam iklan televisi dan mendukung karakter lokalitas tokoh yang ditampilkan.Kata Kunci : Akulturasi, Budaya, Iklan TV
Downloads
References
Alawi Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2002.
Aribowo, Sejarah Dangdut, http://www.kompascybermedia, 2002, di akses
tanggal 18/05/2005.
Baksin Askurifai, Membuat Film Indie Itu Gampang, Katarsis, Bandung,
Boggs M. Joseph, Cara Menilai Sebuah film (The Art of Watching Film),
Yayasan Citra, Jakarta, 1986.
Brannan Tom, Integrated Marketing Communication, PPM, Jakarta, 2004.
Budiman Kris, Semiotika Visual, Buku Baik, Yogyakarta, 2004.
Durianto Darmadi dkk., Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
Isfiaty Tiara, Perubahan Fungsi Benda-Benda Tradisional dalam Interior
Rumah Masyarakat Perkotaan, Bandung, 2002.
Jefkins Frank, Periklanan (Advertising), Erlangga, 1997.
Koetjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Rineka Cipta, Jakarta, 1990.
Kumar Vijaya, Body Language, Buana Ilmu Populer, Jakarta, 2002.
Kusmiati R. Artini dkk, Teori Dasar Desain Komunikasi Visual, Djambatan,
Jakarta, 1999.
Liliweri Alo, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, Citra Aditya Bakti,
Bandung, 1992.
Liliweri Alo, Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya, LKiS,
Yogjakarta, 2003.
Margianto Heru, Naik Kereta Rasa Soda, http://www.kompascybermedia,
, di akses tanggal 26/05/2005.
Masli. RTS, Cakap Kecap, PPPI, Jakarta, 2004
Santosa Sigit, Advertising Guide Book, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
Staruss A. & Corbin J., Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta, 2003.
Sulaksana Uyung, Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta, 2003.
Sumartono, Terperangkap dalam Iklan, Alfabeta, Bandung, 2002.
Wahyu Meindarti dkk, Kampanye Iklan ’04, dalam Majalah Cakram, hal.
-23, Maret, 2005.
________ , Coca-Cola, http://www.coca-colabottlingindonesia, di akses
tanggal 26/05/2005.
_________, Orang Jawa, http://www.jawaplace.org, 2003, di akses tanggal
/05/2005.
_________, Komunitas Sunda, http://www.Sunda.Net.com, 2002, di akses
tanggal 18/05/2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.